Select Menu

Random post

Animalia

Evolusi

Genetika

Pertumbuhan Tumbuhan

info

» » » Metabolisme (bag 2)

FOTOSINTESIS (SUATU ANABOLISME)

Suatu ciri hidup yang hanya dimiliki oleh tumbuhan hijau adalah kemampuan dalam mengggunakan zat karbon dari udara untuk diubah menjadi bahan organic serta diasimilasi dalam tubuh tumbuhan. Oleh karena proses pengubahan itu memerlukan energy cahaya, maka asimilasi zat karbon disebut fotosintesis. Atau secara lengkap pengertian fotosintesis atau asimilasi karbon ialah proses pengubahan zat-zat anorganik H2O dan CO2 oleh klorofil menjadi zat organic karbohidrat dengan bantuan cahaya.

Peristiwa fotosintesis dapat dinyatakan dengan persamaan reaksi kimia sebagai berikut:
Cahaya
6 CO2 + 6 H2O -------------> C6H12O6 + 6 O2
Klorofil
Kloroplas sebagai bahan dasar fotosintesis memiliki energi dari sinar matahari disimpan lalu diubah menjadi molekul dan glukosa. Di dalam mitokondria energi yang telah diubah menjadi glukosa dibongkar kembali untuk digunakan bagi keperluan proses-proses dalam sel.

Kloroplas dibungkus oleh dua lapisan (membran), lapisan dalam berupa suatu membran yang kompleks, pada membran ini terdapat beberapa lapisan kantung yang rata, disebut grana. Zat warna klorofil dan molekul-molekul yang membantu penangkapan sinar matahari berada di dalam grana. Di dalam seluruh grana terdapat larutan protein yang disebut stroma.


TAHAPAN FOTOSINTESIS

Proses fotosintesis yang terjadi di kloroplas melalui dua tahap reaksi, yaitu reaksi terang dan reaksi gelap.

1. Reaksi terang
Terjadi bila terdapat sinar, misalkan sinar matahari. Selama tahap ini klorofil didalam membrane gana menyerap sinar merah dan nila yang bergelombang panjang pada spektrum sinar. Energi yang ditangkap oleh klorofil digunakan untuk memecah molekul air. Pemecahan ini disebut fotolisis. Fotolisis mengakibatkan molekul air pecah menjadi hydrogen dan oksigen. Reaksi fotolisis dapat ditulis dengan persamaan:
2H2O ------> 2H2 + O2
H2 yang terlepas ditampung oleh koenzim NADP. Dalam hal ini, NADP bertindak sebagai akseptor H2, bentuknya berubah menjadi NADPH2 dan O2tetap dalam keadaan bebas.
NADP (Nikotinamida Adenin Dinukleotida Fosfat) merupakan koenzim yang penting peranannya dalam kegiatan oksidasi reduksi dan banyak terdapat dalam sel hidup. Selama proses tersebut dihasilkan ATP.

2. Reaksi gelap
Blackman (1905) adalah seorang ahli membuktikan bahwa reduksi dari CO2 ke CHO berlangsung tanpa sinar. Sehingga reaksi gelap disebut pula sebagai reaksi blackman atau reduksi CO.

Bila reaksi terang (Hill) dan reaksi gelap (blackman) digabung maka reaksinya sebagai berikut:
Hill:
2NADP
2H2O -------> H2 + O2
Balckman:
CO2 + 2NADPH2 + O2 -------> 2NADP + H2 + CO + O + H2 + O2

Penggabungan :
2 H2O + CO2 -------> CH2O + H2 + O2
Bila baris terakhir ini dikalikan 6 , maka kita akan memperoleh:
12 H2O + 6 CO2 (CH2O)6 + 6 H2 + 6 O2

Reaksi gelap merupakan penyusutan CO2 oleh H2 yang dibawa oleh NADP tersebut. Dalam peristiwa ini, penyusutan CO2 tidak membutuhkan sinar, sehingga reaksi tersebut dinamakan reaksi gelap.


KEMOSINTESIS

Peristiwa asimilasi dengan zat kimia sebagai sumber energinya disebut sebagai kemosintesis,organism pelakunya disebut sebagai organisme kemosintetik atau kemoautotrof. Organisme kemoautotrof ini juga menggunakan CO2 sebagai sumber karbonnya, akan tetapi energy untuk melakukan proses asimilasi berasal dari energi kimia, bukan dari cahaya. Energi diperoleh dari hasil oksidasi senyawa anorganik yang diperoleh dari lingkungannya, misal : sulfide, nitrogen , sulfur, besi, ammonia, nitrit.

Organisme pelaku kemosintesis :
a. Bakteri belerang, misal Beggiatoa, Thiotrix.
b. Bakteri nitrifikasi, misal Nitrosomonas, Nitrosococcus, Nitrobacter. Bakteri nitrifikasi banyak ditemukan di bintil akar tumbuhan kacang-kacangan.
c. Bakteri besi, misal Ferrobacillus.

Jadi kemosintesis menggunakan bahan anorganik sebagai sumber energinya dan CO2 sebagai sumber karbon dan air.
Untuk lebih jelas lihat bagan persamaan di bawah ini :
Senyawa anorganik + O2 -------> E + hasil samping
H2O --------> H2 + O2
CO2 + H2 --------> glukosa


Photobucket

About Sultan Budi Lenggono

Budi Lenggono, S.Pd. sebagai admin blog ini adalah seorang guru Biologi di SMA Islam Terpadu (SMA IT) Nur Hidayah. Alamat di Jl. Pandawa 10 Pucangan, Kartasura, Sukoharjo. Selain itu, beliau juga seorang trainer dan hipnoterapis profesional (Certified Hypnoterapist; Master of Clinical Hypnotherapy). Web lainnya : www.sultanbudilenggono.com
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

45 comments

  1. (Wimbo Adi Nugroho (XII-IPA) Lebih efisien mana antara fotosintesis tumbuhan dengan kemosintesis pada bakteri...??

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. ada berapa ATP yang dihasilkan dalam reaksi terang?

    BalasHapus
  4. [Mahmud Nur Kholis-XII IPA]
    mencoba menjawab...
    Baik reaksi terang siklik mau pun non siklik, semuanya menghasilkan masing-masing ATP. Untuk siklik, hasilnya ATP+O2, sedangkan non siklik hasilnya NADPH+ATP+O2. Wallahu a'lam.[Mahmud Nur Kholis-XII IPA]
    mencoba menjawab...
    Baik reaksi terang siklik mau pun non siklik, semuanya menghasilkan masing-masing ATP. Untuk siklik, hasilnya ATP+O2, sedangkan non siklik hasilnya NADPH+ATP+O2. Wallahu a'lam.

    BalasHapus
  5. ridwan mengatakan...
    dalam tahapan fotosintesis ada 2 tahapan,yaitu reaksi gelap dan terang,dari 2 reaksi tersebut,manakah yang lebih mengoptimalkan proses fotosintesis,mengapa bisa begitu?
    (ridwan pratama XII IPA 1)

    BalasHapus
  6. [Mahmud Nur Kholis-XII IPA]
    Mengapa hanya cahaya ber-gelombang panjang yang dapat digunakan untuk proses fotolisis? hanya cahaya ber-gelombang panjang yang dapat digunakan untuk proses fotolisis?

    BalasHapus
  7. Abdurrahman Al- Jawiy bertanya:
    1. hibrida dalam penggunaannya memberantas gulma, pada sistem apakah yang di serang?

    BalasHapus
  8. Apa yang terjadi jika makhluk di muka bumi lebih banyak melakukan katablisme dari pada anabolisme....?

    BalasHapus
  9. [Mahmud Nur Kholis-XII IPA]
    Mencoba menjawab..
    Jika makhluk hidup di bumi lebih banyak melakukan katabolisme, maka akan sedikit yang melakukan anabolisme. Dengan kata lain, akan semakin sedikit yang melakukan penyusunan sumber energi, sementara yang melakukan pembongkaran energi semakin banyak, sehingga akan mengalami defisit sumber energi. Kabar terburuknya adalah, ini bisa menyebabkan kematian. Wallahu a'lam.

    BalasHapus
  10. telah anda sebutkan beberapa pelaku kemosintetis merupakan bakteri...
    yang saya tanyakan, apakah ada pelaku kemosintetis selain bakteri?

    BalasHapus
  11. @:ridwan
    reaksi terang+gelap pd tumb adl sbuah keterkaitan.Hasil dr reaksi terang(ATP dan NADPH)akan dperlukan dlm reaksi gelap utk membentuk amilum.Jadi keduanya sama pentingnya

    BalasHapus
  12. abdurrahman Al- Jawiy mencoba menjawab pertanyaan RIDWAN PRATAMA...

    dalam tahapan fotosintesis ada 2 tahapan,yaitu reaksi gelap dan terang,dari 2 reaksi tersebut,manakah yang lebih mengoptimalkan proses fotosintesis,mengapa bisa begitu?

    lebih optimal yang reaksi terang... hal itu di sebabkan reaksi gelap tidak mungkin terjadi bila tanpa reaksi terang,. sedang reaksi terang sangat bisa terjadi bila tanpa di dahului reaksi gelap

    BalasHapus
  13. abdurrahman Al- Jawiy mencoba menjawab pertanyaan NUR AFIFAH

    telah anda sebutkan beberapa pelaku kemosintetis merupakan bakteri...
    yang saya tanyakan, apakah ada pelaku kemosintetis selain bakteri?

    ada.... yaitu pada tumbuhan... pada pembentukan senyawa organik selain glukosa... ex: asam esensial dan minyak atsiri pada jeruk dan lombok//

    BalasHapus
  14. firdaus zulfikar bertanya ...
    apakah arkaebakteri termasuk organisme yang bernafas secara anaerob ?

    BalasHapus
  15. apa fotosintesis dapat terjadi hanya dengan reaksi terang atau hanya dengan reaksi gelap??

    BalasHapus
  16. Dzaki Fikri
    XII IPA -1

    Bagamaina penjelasan tentang jalur siklik dan non siklik yg terjadi pada reaksi terangDzaki Fikri
    XII IPA -1

    Bagamaina penjelasan tentang jalur siklik dan non siklik yg terjadi pada reaksi terang

    BalasHapus
  17. Ketika matahari tidak sedang bersinar apa reaksi terang akan tetap terjadi???? tanpa reaksi terang apa reaksi gelap akan tetap terjadi???

    BalasHapus
  18. -Anisa F S-
    Apakah respirasi anaerob dapat membahayakan sel.?
    Jika benar apa penyebabnya.?

    BalasHapus
  19. @hani'a
    tidak...
    Fotosintesis adalah suatu proses biokimia pembentukan zat makanan atau energi yaitu glukosa yang dilakukan tumbuhan, alga, dan beberapa jenis bakteri dengan menggunakan zat hara, karbondioksida, dan air serta dibutuhkan bantuan energi cahaya matahari. jadi jika dalam fotosintesis suatu tumbuhan hanya terjadi reaksi terang / gelap maka hasil fotosintesis (C6H12O6 dan O2)tdak sempurna dan itu tdak mungkin terjadi.....
    wallahu a'lam.....

    BalasHapus
  20. "energy untuk melakukan proses asimilasi berasal dari energi kimia, bukan dari cahaya" berdasarkan pernyataan ini apakah kemosintesis dapat digolongkan dalm reaksi gelap?

    BalasHapus
  21. Berasal dari reaksi apakah sehingga Kemosintesis dapat berlangsung dengan mengandalkan energi kimia?

    BalasHapus
  22. saya pernah membaca buku, di sana tertulis bahwa respirasi anareob sebenarnya merugikan tumbuhan. benarkah demikian? kalau iya, mengapa bisa merugikan?

    BalasHapus
  23. dalam reaksi terang menghasilkan energi untuk dipakai dalam reaksi gelap.lalu energi tersebut disimpan lebih dulu atau terus menumpuk sampai reaksi gelap dimulai?

    BalasHapus
  24. [Mahmud Nur Kholis-XI IPA]
    mencoba menjawab pertanyaan Khoir..
    reaksi terang dapat terjadi asal terdapat cahaya yang mencukupi terjadinya reaksi tersebut. reaksi gelap terjadi karena hasil dari reaksi terang berupa ATP dan NADP digunakan dalam reaksi gelap untuk membentuk zat pati. CMIIW

    BalasHapus
  25. [Mahmud Nur Kholis-XI IPA]
    mencoba menjawab pertanyaan Fatakh..
    ya, bisa saja membahayakan sel. misalnya pada alkohol. yang membuat glukosa menjadi alkohol adalah sel-sel ragi. namun, walau begitu, alkohol tersebut dapat membunuh sel-sel ragi tersebut jika kadar alkoholnya melebihi 18%. selain itu, jika terjadi pada manusia, respirasi anaerob ini akan menghasilkan asam laktat. jika tak dipulihkan, bisa memicu munculnya sel-sel abnormal yang menjadi kanker. CMIIW

    BalasHapus
  26. [Mahmud Nur Kholis-XI IPA]
    mencoba menjawab pertanyaan Zulfi..
    iya, karena arkaebakteri tidak membutuhkan oksigen. bisa kita ketahui bahwa mereka hidup pada tempat-tempat yang EKSTRIM, seperti kawah gunung, perairan asin, tempat dingin, kawah gas, dll.

    BalasHapus
  27. unsur-unsur klorofil apa saja?

    BalasHapus
  28. [Mahmud Nur Kholis-XI IPA]
    mencoba menjawab pertanyaan Marits..
    energi tersebut-dalam bentuk ATP akan disimpan dalam NADH-yang berfungsi menangkap ATP, sebelum digunakan dalam reaksi gelap. wallahu a'lam.

    BalasHapus
  29. @ irfa' :
    Faktor utama pembentuk klorofil
    adalah nitrogen (N). Unsur N merupakan unsur
    hara makro. Unsur ini diperlukan oleh tanaman
    dalam jumlah banyak. Unsur N diperlukan
    oleh tanaman, salah satunya sebagai penyusun
    klorofil. Tanaman yang kekurangan unsur N
    akan menunjukkan gejala antara lain klorosis
    pada daun. Tanaman tidak dapat menggunakan
    N2 secara langsung. Gas N2 tersebut harus
    difiksasi oleh bakteri menjadi amonia (NH3)

    BalasHapus
  30. Apakah fotosintesis dapat berlangsing tanpa adanya reaksi gelap ataupun terang?
    ~Amrah Al-Khonsaa Alkatiri~

    BalasHapus
  31. [Mahmud Nur Kholis-XI IPA]
    mencoba menjawab pertanyaan Amroh..
    anda bercanda ya? tentu saja tidak mungkin..karena inti fotosintesis itu pada kedua reaksi itu..

    BalasHapus
  32. proses fotosintesis membutuhkan cahaya matahari.Dapatkah cahaya matahari diganti lampu neon...? jelaskan.

    BalasHapus
  33. Reikon mengatakan...
    [Mahmud Nur Kholis-XI IPA]
    mencoba menjawab pertanyaan Setiaji Wiwit...
    mungkin saja bisa, jika cahaya itu mampu membuat loncatan-loncatan elektron pada fotosistem...CMIIW

    BalasHapus
  34. mutaz menconba menjawab pertanyaan wiwit

    bisa, tergantung pada panjang gelombang yang dipancarkan dan intensitas sinarnya. kalo kita bicara dengan produsen lampu pasti mereka punya lampu khusus untuk tanaman, misalnya saja oshram flora.
    pemakaian lampu untuk fotosintesis bisa kita temui dalam teknologi kultur jaringan, terrarium dan aquascape.

    BalasHapus
  35. [Mahmud Nur Kholis-XI IPA]
    mencoba menjawab pertanyaan arum..
    mungkin saja memang bisa. karena jika tumbuhan melakukan respirasi anaerob, akan menghasilkan etanol. dan etanol bisa membunuh sel-sel, seperti yang terjadi pada sel-sel ragi yang digunakan untuk membuat alkohol, pada akhirnya akan membunuh sel-sel ragi itu sendiri.

    BalasHapus
  36. apakah tumbuhan hidup di dalam ruangan hampa udara?

    BalasHapus
  37. [Fauzi Afnan-XI IPA]
    mencoba menjawab pertanyaan fahmi .
    tumbuhan tidak bisa hidup di dalam ruangan hampa udara, karena tumbuhan sangat membutuhkan beberapa faktor eksternal sebagai persyaratan untuk melakukan proses pertumbuhan seperti faktor adanya CO2,O2,N2 yang tidak bisa di temukan pada ruangan hampa udara.

    BalasHapus
  38. Abdurrahman Al- Jawiy mencoba menjawab

    Wimbo Adi Nugroho (XII-IPA)
    Lebih efisien mana antara fotosintesis tumbuhan dengan kemosintesis pada bakteri...??

    Lebih efisien fotosintesis.. karena keefisienan bergantung pada jumlah klorofil pada tumbuhan maupun bakteri. Sedangkan jumlah klorofil pada bakteri tidak sebanyak pada tumbuhan. Factor lain adalah, kemosintesis hanya dapat di lakukan oleh bakteri tertentu atau dengan kata lain tidak semua bakteri sedang semua tumbuhan berklorofil mampu melakukannya…

    BalasHapus
  39. Abdurrahman Al- Jawiy mencoba menjawab

    firdaus zulfikar

    apakah arkaebakteri termasuk organisme yang bernafas secara anaerob ?

    ya.. hal itu di karenakan arkaebacteria tidak mempunyai mitokondria, sehingga di masukkan dalam pernapasan anaerob.

    BalasHapus
  40. Abdurrahman Al- Jawiy mencoba menjawab
    -Anisa F S-

    Apakah respirasi anaerob dapat membahayakan sel.?
    Jika benar apa penyebabnya.?

    Ya. Dapat membahayakan sel. Penyebabnya, kita ambil contoh bila di sel otot terjadi penimbunan asam laktat maka akan terjadi kram. Yang bila kramnya berkelanjutan maka bisa membahayakan individunya.. atau seperti bung reikon yang mengatakan bisa menyebabkan sel2 abnormal bahkan kanker

    BalasHapus
  41. Abdurrahman Al- Jawiy mencoba menjawab
    Anisa khoir...

    Ketika matahari tidak sedang bersinar apa reaksi terang akan tetap terjadi????
    tanpa reaksi terang apa reaksi gelap akan tetap terjadi???

    Ya. Untuk tanaman tertentu hal itu bisa terjadi. Di karenakan ada tanaman yang waktu fotosintesisnya ketika malam hari/ di sebut tanaman malam. Hanya membutuhkan sedikit cahaya… ex. Nanas.

    Tidak akan terjadi karena, beberapa bahan pokok yang di gunakan dalam reaksi
    gelap berasal dari reaksi terang,

    BalasHapus
  42. Abdurrahman Al- Jawiy mencoba menjawab
    wiwit setiaji

    proses fotosintesis membutuhkan cahaya matahari.Dapatkah cahaya matahari diganti lampu neon...? jelaskan.

    Bisa. Di karenakan sinar lampu neon dapat menghasilkan energy cahaya dengan panjang gelombang tertentu, walau tentu tidak sebesar cahaya matahari. Akibatnya, proses fotosintesis tidak berlangsung secara maksimal.

    BalasHapus
  43. Abdurrahman Al- Jawiy mencoba menjawab

    Asma' mengatakan...

    Berasal dari reaksi apakah sehingga Kemosintesis dapat berlangsung dengan mengandalkan energi kimia?

    Berasa;l dari fiksasi nitrogen atau nitrifikasi

    BalasHapus
  44. Abdurrahman Al- Jawiy mencoba menjawab

    irfa azizah
    unsur-unsur klorofil apa saja?

    Carbon, hydrogen, oksigen, nitrogen, magnesium
    oKlorofil A : C55H72O5N4Mg
    oKlorofil B : C55H70O5N4Mg

    BalasHapus
  45. Abdurrahman Al- Jawiy mencoba menjawab
    Marits

    odalam reaksi terang menghasilkan energi untuk dipakai dalam reaksi gelap.lalu energi tersebut disimpan lebih dulu atau terus menumpuk sampai reaksi gelap dimulai?

    oHasil reaksi terang langsung di gunakan.. karena kedua proses berjalan simultan. Bila ada produk reaksi terang yang merupakan bahan dasar reaksi gelap, maka reaksi gelap langsung mulai melakukan prosesnya

    BalasHapus