Select Menu

Random post

Animalia

Evolusi

Genetika

Pertumbuhan Tumbuhan

info

» » » Hereditas (Bag. 1)

Kromosom, Gen, dan Asam Nukleat

Substansi hereditas makhluk hidup sangatlah unik. Hal itu dikarenakan setiap jenis makhluk hidup memiliki perbedaan. Substansi ini terdiri atas kromosom, gen, dan asam nukleat. Komponen ini saling berhubungan satu dengan yang lain dalam pembentukan (sintesis) protein.


a. Kromosom
Kromosom terdapat di dalam nukleus tiap sel organisme. Kromosom terdiri atas struktur halus berbentuk batang panjang atau pendek serta lurus atau bengkok. Kromosom dapat terihat jelas dengan menggunakan mikroskop cahaya pada sel¬-sel yang sedang mengalami pembelahan gen.
Di dalam tubuh terdapat dua tipe kromosom, yaitu kromosom tubuh (autosom) dan kromosom kelamin atau kromosom seks (gonosom).
Secara garis besar, kromosom terdiri atas dua bagian, yaitu sebagai berikut:
1) Sentromer atau kinetokor
2) Lengan kromosom


Gambar Macam-macam bentuk kromosom

Berdasarkan letak sentromernya, kromosom terbagi menjadi beberapa bentuk berikut.
a) Telosentrik
b) Akrosentrik
c) Submetasentrik
d) Metasentrik

b. Gen dan Alel
Gen mempunyai sifat-sifat berikut.
1) Sebagai pengatur perkembangan dan proses metabolisme individua (organisme).
2) Mengandung informasi genetik yang akan disampaikan dari generasi ke generasi.
3) Sebagai zarah tersendiri yang terdapat dalam kromosom. Zarah adalah zat yang terkecil dan tidak dapat dibagi-bagi lagi.
Setiap kromosom mengandung ribuan gen. Gen-gen dalam lokus akan berpasangan dengan gen pasangannya pada kromosom yang lain sehingga tampaklah bahwa kromosom berpasangan. Sepasang kromosom merupakan homolog sesamanya, artinya keduanya mempunyai bentuk yang serupa dan mengandung lokus gen-gen yang bersesuaian. Gen-gen pada lokus yang bersesuaian ini disebut alel.


Gambar Letak alel (gene loci) dalam kromosom

Susunan gen di dalam sel yang menentukan karakter suatu individu disebut genotipe, adapun karakter atau sifat individu yang terlihat dan dapat kita amati dari luar disebut sebagai fenotipe.
Lambang huruf besar pada genotipe digunakan untuk menunjukkan sifat dominan dari suatu individu. Dominan artinya gen tersebut dapat mengalahkan ekspresi (penampakan luar) gen alelnya. Adapun gen yang terkalahkan dinamakan gen resesif. Gen ini dilambangkan dangan huruf kecil. Jadi, pada kasus ini tanaman berbunga merah (MM) bersifat dominan terhadap tanaman berbunga putih (mm).


c. Asam Nukleat
Terdapat beberapa jenis asam nukleat dalam tubuh, tetapi yang berkaitan langsung dangan hereditas yaitu DNA (Deoxyribonucleic Acid atau asam deoksiribonukleat) dan RNA (Ribonucleic Acid atau asam ribonukleat).


Gambar Model Benang kromatin, DNA, dan kromosom

1) DNA
DNA merupakan susunan kimia makromolekul yang kompleks. Molekulnya merupakan suatu rantai yang sangat panjang dan substansi dasarnya terdiri atas:
• gugus gula (gula pentosa yang dikenal sebagai deoksiribosa);
• asam fosfat; dan
• basa nitrogen, yang terikat pada setiap molekul gula.
Basa nitrogen yang terikat pada asam nukleat dapat dibedakan menjadi dua golongan, yaitu:
a) golongan pirimidin, terdiri atas sitosin (C) dan timin (T); dan
b) golongan purin, terdiri atas adanin (A) dan guanin (G).

Satu gugus asam nukleat (monomer) terdiri atas gula dan basa yang disebut nukleosida atau deoksiribonukleosida, sedangkan satu satuan (monomer) yang terdiri atas fosfat, gula, dan basa disebut nukleotida atau deoksiribonukleotida.


Gambar struktur kimia macam basa Nitrogen

Pada 1953, James Dewey Watson (seorang ilmuwan Amerika) dan Francis Crick (ilmuwan Inggris) memperkenalkan model struktur DNA yang diciptakan berdasarkan analisis foto defraksi sinar X. Model DNA Watson dan Crick ini dapat digambarkan sebagai tangga tali yang terpilin sehingga disebut juga "double helix".


Gambar Model DNA Watson and Crick

DNA dapat menggandakan diri, membentuk DNA baru yang serupa dangan DNA asalnya. Proses ini disebut replikasi DNA. Ada tiga model replikasi DNA, yaitu sebagai berikut.
a) Model konservatif, yaitu heliks ganda induk tetap dalam keadaan utuh dan membentuk sebuah salinan DNA baru yang serupa.
b) Model semikonservatif, yaitu kedua untai dari molekul induk berpisah dan setiap untai berfungsi sebagai cetakan untuk mensintesis untai komplementer yang baru.
c) Model dispersif, yaitu setiap untai dari kedua molekul anak terdiri atas campuran antara bagian untai lama dan bagian untaian baru yang disintesis secara bersambungan.


Gambar Model replikasi DNA

2) RNA
Ribonucleic acid (RNA} ada dua macam, yaitu RNA genetik yang berperan seperti DNA (pembawa sifat-sifat genetik) dan RNA nongenetik yang tidak berperan sebagai DNA. RNA genetik memiliki fungsi yang sama dengan DNA, yaitu sebagai pembawa keterangan genetik. RNA genetik hanya ditemukan pada makhluk hidup tertentu yang tidak memiliki DNA, misalnya virus. Dalam hal ini fungsi RNA menjadi sama dengan DNA, baik sebagai materi genetik maupun dalam mengatur aktivitas sel. RNA non-genetik tidak berperan sebagai pembawa keterangan genetik sehingga RNA jenis ini hanya dimiliki oleh makhluk hidup yang juga memiliki DNA. RNA non-genetik dibedakan berdasarkan letak dan fungsinya.
Sesuai dengan tempat dan fungsinya, RNA non-genetik dapat dibedakan menjadi tiga macam, yaitu RNA duta, RNA transfer, dan RNA ribosom. rRNA dan tRNA merupakan hasil akhir dari proses transkripsi, sedangkan mRNA akan mengalami translasi.
a)messenger RNA (mRNA) atau ARN duta (ARNd)
mRNA merupakan RNA yang urutan basanya komplementer (berpasangan) dengan salah satu urutan basa rantai DNA. RNA jenis ini merupakan polinukleotida berbentuk pita tunggal linier dan disintesis oleh DNA di dalam nukleus. Panjang pendeknya mRNA berhubungan dengan panjang pendeknya rantai polipeptida yang akan disusun. Urutan asam amino yang menyusun rantai polipeptida itu sesuai dengan urutan kodon yang terdapat di dalam molekul mRNA yang bersangkutan. mRNA bertindak sebagai pola cetakan pembentuk polipeptida. Adapun fungsi utama mRNA adalah membawa kode-kode genetik dari DNA di inti sel menuju ke ribosom di sitoplasma. mRNA ini dibentuk bila diperlukan dan jika tugasnya selesai, maka akan dihancurkan dalam plasma.
b)transferRNA (tRNA)
RNA jenis ini dibentuk di dalam nukleus, tetapi menempatkan diri di dalam sitoplasma. tRNA merupakan RNA terpendek dan bertindak sebagai penerjemah kodon dari mRNA. Fungsi lain tRNA adalah mengikat asam-asam amino di dalam sitoplasma yang akan disusun menjadi protein dan mengangkutnya ke ribosom. Bagian tRNA yang berhubungan dengan kodon dinamakan antikodon.


Gambar struktur molekul/kimia tRNA

tRNA adalah molekul adaptor yang membaca urutan nukleotida pada mRNA dan mengubahnya menjadi asam amino. Struktur molekul tRNA adalah seperti daun semanggi yang terdiri dari 5 komponen yaitu
(1) Lengan aseptor: merupakan tempat menempelnya asam amino,
(2) Lengan D atau DHU: terdapat dihidrourasil pirimidin,
(3) Lengan antikodon: memiliki antikodon yang basanya komplementer dengan basa pada mRNA
(4) Lengan tambahan
(5) Lengan TUU: mengandung T, U dan C

c)ribosomalRNA (rRNA) atau ARN ribosomal (ARNr)
RNA ini disebut ribosomal RNA karena terdapat di ribosom meskipun dibuat di dalam nukleus. RNA ini berupa pita tunggal, tidak bercabang, dan fleksibel. Lebih dari 80% RNA merupakan rRNA. Fungsi dari RNA ribosom adalah sebagai mesin perakit dalam sintesis protein yang bergerak ke satu arah sepanjang mRNA. Di dalam ribosom, molekul rRNA ini mencapai 30-46%.


Photobucket

About Sultan Budi Lenggono

Budi Lenggono, S.Pd. sebagai admin blog ini adalah seorang guru Biologi di SMA Islam Terpadu (SMA IT) Nur Hidayah. Alamat di Jl. Pandawa 10 Pucangan, Kartasura, Sukoharjo. Selain itu, beliau juga seorang trainer dan hipnoterapis profesional (Certified Hypnoterapist; Master of Clinical Hypnotherapy). Web lainnya : www.sultanbudilenggono.com
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

46 comments

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. [Mahmud Nur Kholis-XII IPA]
    Apakah setiap DNA dan RNA membawa satu asam amino?

    BalasHapus
  3. [Mahmud Nur Kholis-XII IPA]
    Darimana asam amino saat transkripsi DNA didapat?

    BalasHapus
  4. menurut tulisan diatas sifat gen adalah "mengandung informasi genetik yang akan disampaikan dari generasi ke generasi". pertanyaan saya, seperti apakah informasi genetik yang terkandung dalam gen??

    BalasHapus
  5. hereditas kecerdasan anak lebih dominan dipengaruhi dari siapa?

    BalasHapus
  6. @ nur afifah
    kecerdasan anak mungkin sangat dipengaruhi oleh kecerdasan seorang ibu. Namun, fenotip (penampakan) yang kita lihat bukanlah melulu hasil dari faktor genetik melainkan hasil interaksi dengan lingkungan juga.
    menurut Ridley, bahwa kira-kira separuh IQ kita dapatkan melalui pewarisan, dan kurang dari 20% berasal dari asuhan keluarga. Sisanya berasal dari kandungan, sekolah, dan teman sepergaulan.

    BalasHapus
  7. @Mahmud Nur Kholis

    Asam Amno Didapatkan Oleh DNA Ketika DNA Melakukan Sintesis Protein Sehingga Berubah Menjadi Zat Turunanya Yang Biasa Kita Sebut Sebagai Asam Amino,Yang Daripada Asam Amino Tersebut Digunakan Saat Proses Replikasi Serta Transkripsi DNA.. Mungkin Akan Ada Argumen Lain Yang Lebih Benar Daripada Argumen Saya Tetapi SSepertinya Begitu...

    BalasHapus
  8. @wimbo adi n.
    Lalu dari mana asam amino saat sintesa protein itu didapat? Apakah dari lingkungan disana sudah ada dulu atau bagaimana?

    BalasHapus
  9. Mahmud Nur Kholis-XII IPA
    mencoba menjawab..
    @hani'a:
    Informasi genetik dalam gen berupa informasi yang terdapat dalam gen yang bisa diamati dalam ukuran makro (fenotip) berkaitan dengan sifat individu, seperti warna kulit, bola mata, jenis rambut. Fenotip merupakan ekspresi visual dari genotip. Genotip adalah status dari pasangan alel. Alel adalah pasangan gen dalam lokus yang membawa sifat sama atau hampir sama.

    BalasHapus
  10. Apakah ada perbedaaan yang mendasar antara DNA manusia dengan DNA hewan semisal kera? tolong jelaskan

    Syukron

    BalasHapus
  11. @fajar: Ada,sesama manusia aja pasti DNAnya beda-beda.
    misalnya ama kera,
    Manusia punya gen di DNAnya tentang bulu.
    Jelas gen yg dimaksud pasti lebih banyak miliknya kera dibanding manusia.
    Iya kan mas mendasar bnget

    Smoga bermanfaat

    BalasHapus
  12. DNA dikatakan sebagai molekul yang mendasar dalam kehidupan,berbagai proses kehidupan di atur oleh oleh DNA,padahal DNA hanyalah rangkaian rantai kimia,tapi mengapa DNA dapat mengkoordinasikan seluruh proses kehidupan..?
    apa mungkin sel tetap bertahan hidup tanpa DNA? mengapa?

    BalasHapus
  13. @Shidiq: Menurut saya tidak,dalam sebuah artikel dikatakan 'telah dilakukan percobaan bahwa penghilangan nukleus dari sebuah sel akan mengakibatkan sel tersebut mati, Hal tersebut setidaknya dapat membuktikan bahwa sel tidak akan dapat hidup tanpa DNA. Selain itu, DNA mengatur segala macam sintesis protein penyusun sel. Kalau DNA-nya dihilangkan otomatis sel akan kekurangan bahan pembangun dan lama kelamaan MATI.

    Wallahu a'lam

    BalasHapus
  14. Dzaki Fikri
    XII IPA-1

    di dalam DNA terjadi replika, ada replika konservatif, semikonservatif, dan disperstif. Apakah kualitas dari masing masing model replika ini sama semua?
    ka, ada replika konservatif, semikonservatif, dan disperstif. Apakah kualitas dari masing masing model replika ini sama semua?

    BalasHapus
  15. firdaus zulfikar mencoba menjawab pertanyaan @Dzaki Fikri :

    menurut saya masalah kualitas belum bisa diuji karena ketiga jenis replika itu baru merupakan hipotesis yang belum pasti .

    BalasHapus
  16. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  17. Adakah RNA genetik selain Virus????

    BalasHapus
  18. -Anisa F S-
    Apakah dalam sintesis protein dapat terjadi hasil asam amino yang tidak sesuai dengan kode informasi genetika yang dipolakan oleh DNA.?

    Jika iya kesalahan it terjadi dimana.?

    BalasHapus
  19. apakah perbedaan nukleotida dan nukleosida pada DNA...?

    BalasHapus
  20. @syarifah eNA:
    nukleotida adalah nukleosida dengan fosfat, sedangkan nukleosida adalah nukleotida tanpa fosfat

    BalasHapus
  21. molekul rRNA di dalam ribosom ada 30-46%, apakah molekul rRNA yang mendominasi di dalam ribosom?

    BalasHapus
  22. apakah ada kemungkinan model replikasi DNA berbeda dengan 3 model replikasi DNA yang telah diketahui? dan kalau ada, apakah kemungkinan itu bisa terjadi? jika iya, apakah hal itu memberikan pengaruh yang besar?

    BalasHapus
  23. bagaimanakah susunan gen di dalam sel yang menentukan karakter suatu individu?

    BalasHapus
  24. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  25. jika seseorang mengalami cacat fisik,apakah ada kecacatan pada DNA yang dimiliki oleh orang tersebut?
    (ridwan pratama XII IPA 1)

    BalasHapus
  26. RNAr merupakan komponen struktural yang utama di dalam ribosom.Setiap subunit ribosom terdiri dari 30 – 46% molekul RNAr dan 70 – 80% protein.
    bagaimanakah penjelasan/pembagiannya yang lebih detail?

    BalasHapus
  27. [Mahmud Nur Kholis-XI IPA]
    mencoba menjawab pertanyaan Fatakh..
    bisa saja, jika terjadi mutasi gen. kesalahan bisa terjadi saat pen-transkripsi an atau pen-translasian. kode-kode genetik dalam RNA itu bisa saja terputus atau terselip pada kode-kode genetik lainnya, sehingga menyebabkan mutasi. selain itu, pengaruh radiasi juga bisa memicu mutasi.

    BalasHapus
  28. [Mahmud Nur Kholis-XI IPA]
    mencoba menjawab pertanyaan Ridwan..
    tentu saja iya mas..karena kecacatan fisik yang terlihat itu berarti ada kelainan pada susunan gen nya.

    BalasHapus
  29. berapakah ukuran sebenarnya dari DNA dan RNA itu?

    BalasHapus
  30. Apa perbedaan dari DNA dan RNA ?
    ~Amrah Al-khonsaa~

    BalasHapus
  31. [Mahmud Nur Kholis-XII IPA]
    mencoba menjawab pertanyaan amroh..
    Perbedaan yang paling mudah diamati adalah pada rantainya. Untuk DNA, rantainya terpilin ganda, sedangkan RNA rantainya tunggal.

    BalasHapus
  32. Berdasarkan letak sentromernya, kromosom terbagi menjadi beberapa bentuk....?sebutkan..

    BalasHapus
  33. @wiwit

    telosentris : sentromer terletak di ujung
    metasentris : sentromer terletak di tengah
    submetasentris: Sentromer terletak di dekat median
    akrosentrik : Sentromer terletak agak di ujung

    BalasHapus
  34. firdaus zulfikar bertanya ...
    apa saja komponen penyusun DNA dan apa beda DNA dan RNA ?

    BalasHapus
  35. @zulfi
    perbedaan RNA dan DNA
    1. Bagian pentosa RNA adalah ribosa, sedangkan bagian pentosa DNA adalah dioksiribosa.
    2. Bentuk molekul DNA adalah heliks ganda, bentuk molekul RNA berupa rantai tunggal yang terlipat, sehingga menyerupai rantai ganda.
    3. RNA mengandung basa adenin, guanin dan sitosin seperti DNA tetapi tidak mengandung timin, sebagai gantinya RNA mengandung urasil.
    4. Jumlah guanin dalam molekul RNA tidak perlu sama dengan sitosin, demikian pula jumlah adenin, tidak perlu sama dengan urasil.

    penyusun DNA
    gula deoksiribosa
    asam fosfat
    basa nitrogen

    penyusun RNA
    gula ribosa
    asam fosfat
    basa nitrogen


    fakhri

    BalasHapus
  36. menjawab pertanyaan wiwit, melengkapi jwaban wimbo

    Letak sentromer pada kromosom membedakan jenis kromosom. Berdasarkan letak sentromer, kromosom dibedakan menjadi:

    1. Telosentrik : sentromer terletak di ujung kromosom sehingga kromosom hanya memiliki sebuah lengan dan berbentuk seperti huruf I. Kromosom manusia tidak ada yang berbentuk telosentrik.
    2. Akrosentrik : sentromer terletak di dekat ujung kromosom. Satu lengan kromosom sangat panjang, sedangkan lengan lainnya sangat pendek.
    3. Submetasentrik : sentromer terletak di submedian (ke arah salah satu ujung kromosom) dan membagi lengan kromosom menjadi dua lengan yang tidak sama panjang. Satu lengan panjang dan satu lengan pendek, seperti huruf L.
    4. Metasentrik : sentromer terletak di tengah, membagi lengan kromosom menjadi dua lengan yang hampir sama panjang seperti huruf V.

    fakhri

    BalasHapus
  37. mutaz mencoba menjawab pertanyaan lina (cmiiw)

    berapakah ukuran sebenarnya dari DNA dan RNA itu?

    tergantung, mau milih DNA/RNA apa dulu, misal genom (semua bahan genetik pembawa semua informasi pendukung kehidupan pada suatu makhluk hidup, baik yang merupakan gen atau bukan) DNA mitokondria pada manusia ukurannya 16,6 kilobasa(kb), jadi ukuran DNA bermacam-macam dengan satuannya kilobasa

    BalasHapus
  38. Abdurrahman Al- Jawiy mencoba menjawab pertanyaan DZAKI FIKRI

    di dalam DNA terjadi replika, ada replika konservatif, semikonservatif, dan disperstif. Apakah kualitas dari masing masing model replika ini sama semua?

    >>> semua itu konservatif, semikonservatif dan dispersif,.. bukan terjadi di dalam DNA... melainkan semua itu hanyalah hipotesa...

    tetapi yang paling memungkinkan adalah semi konservatif.. karena utas terpisah kemudian saling melengkapi basa nitrogen yang cocok...
    yang jelas, replikasi DNA yang paling bisa dan di bahas paling sering adalah semikonservatif...

    BalasHapus
  39. Abdurrahman Al- Jawiy mencoba menjawab petanyaan SYARIFAH N.A.

    apakah perbedaan nukleotida dan nukleosida pada DNA...?


    >>>
    @ Nukleosida merupakan kerangka dasar bagi terbentuknya AMP, ADP, dan ATP. yang mana Proses pembentukan ketiga senyawa pembawa energi kimia ini biasanya terjadi di mitokondria sebagai reaksi dari katabolisme atau respirasi

    @Nukleotida adalah monomer penyusun RNA, DNA, dan beberapa kofaktor seperti CoA, FAD, FMN, NAD, dan NADP. yang mana dalam sel, kofaktor ini memainkan peran penting dalam fiksasi energi (misalnya fotosintesis), metabolisme dan transduksi sinyal seluler

    BalasHapus
  40. Irfan hakim
    salah satu fungsi DNA adalah membawa sifat hereditas, padahal struktur dari DNA adalah gula pentosa,asam nukleat, dan basa nitrogen. Disini saya ingin bertanya, dimanakah sifat hereditas tersebut disimpan??

    BalasHapus
  41. [Fauzi Afnan-XII IPA]
    mencoba menjawab pertanyaan Irfan Hakim.
    sifat hereditas tersebut disimpan pada gen, gula pentosa,asam nukleat, dan basa nitrogen hanyalah komponen penyusun adannya DNA .

    BalasHapus
  42. apakah semua DNA dapat melakukan 3 replikasi tersebut, yaitu konservatif, semi konservatif, dan dispersif??

    BalasHapus
  43. Abdurrahman Al- Jawiy mencoba menjawab

    Fajaruddin H

    Apakah ada perbedaaan yang mendasar antara DNA manusia dengan DNA hewan semisal kera? tolong jelaskan

    Perbedaan dalam jumlah kromosom.. pada manusia jumlah kromosomnya 46, sedang pada hewan bisa lebih banyak maupun lebih sedikit… pada kera misalnya jumlah kromosomnya 48

    BalasHapus
  44. Abdurrahman Al- Jawiy mencoba menjawab
    [Mahmud Nur Kholis-XII IPA]

    Darimana asam amino saat transkripsi DNA didapat? Sudah ada atau dari lungkungan.

    Berasal dari sintesis protein di ribosom dimana tRNA membawa asam amino yang di tentukan kodon dRNA pada dRNA

    BalasHapus
  45. Abdurrahman Al- Jawiy mencoba menjawab

    [Mahmud Nur Kholis-XII IPA]

    Apakah setiap DNA dan RNA membawa satu asam amino?

    Tidak.. tergantung panjang DNA

    BalasHapus
  46. Abdurrahman Al- Jawiy mencoba menjawab

    anisa khoiriyah

    Adakah RNA genetik selain Virus????

    Tidak ada bila hanya RNA saja. Tetapi bila DNA saja atau DNA dan RNA ada…

    BalasHapus