Select Menu

Random post

Animalia

Evolusi

Genetika

Pertumbuhan Tumbuhan

info

» » » Mutasi (Bag. 3)


2) Mutasi Gen
Mutasi gen adalah peristiwa perubahan susunan genetis akibat tautomeri. Tautomeri adalah perubahan struktur DNA akibat perpindahan atom-atom hidrogen dari satu posisi purin ke posisi pirimidin atau sebaliknya sehingga susunan molekul gennya berubah. Mutasi gen dapat terjadi melalui proses replikasi atau sintesis protein. Mutasi gen disebut juga mutasi titik, karena dampak perubahan tidak langsung terlihat pada fenotipnya. Ada tiga tipe mutasi gen, yakni mutasi pergantian basa nitrogen serta penyisipan dan pengurangan basa nitrogen.

a) Mutasi pergantian basa
Peristiwa pergantian pasangan basa nitrogen pada suatu rantai polinukleotida berakibat juga pada perubahan kodon. Peristiwa ini disebut subtitusi. Sickle cell anemia terbentuk akibat adanya proses subtitusi. Berdasarkan basa nitrogen yang digantikan, mutasi subtitusi dibedakan atas:

(1) Transisi
Transisi terjadi jika basa purin (adenin) diganti dengan basa purin lain (guanin) atau basa pirimidin (timin) diganti dengan basa pirimidin lain (sitosin).

(2) Transversi
Transversi terjadi jika basa purin (adenin) diganti dengan basa purin lain (guanin, guanin) diganti dengan basa pirimidin (sitosin, timin) atau sebaliknya.

b) Mutasi penyisipan dan pengurangan basa nitrogen
Merupakan peristiwa menyisipnya suatu basa nitrogen dalam DNA atau peristiwa hilangnya satu atau beberapa basa nitrogen dalam DNA. Terjadi melalui Insersi dan delesi.
(1) Insersi
Adalah penyisipan satu atau lebih pasangan basa nitrogen yang terdapat dalam molekul DNA.

(2) Delesi
Adalah proses berkurangnya satu atau lebih pasangan basa nitrogen.



Photobucket

About Sultan Budi Lenggono

Budi Lenggono, S.Pd. sebagai admin blog ini adalah seorang guru Biologi di SMA Islam Terpadu (SMA IT) Nur Hidayah. Alamat di Jl. Pandawa 10 Pucangan, Kartasura, Sukoharjo. Selain itu, beliau juga seorang trainer dan hipnoterapis profesional (Certified Hypnoterapist; Master of Clinical Hypnotherapy). Web lainnya : www.sultanbudilenggono.com
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

9 comments

  1. Apa perbedaan antara mutasi gen dan mutasi kromosom dan apa ciri khas hasil masing masing mutasi?? kalau bisa bserta contohnya.

    BalasHapus
  2. dalam artikel diatas dijelaskan tentang mutasi pergantian basa,dalam mutasi tersebut terjadi pergantian molekul basa pada DNA,apakah efek yang terlihat dari pandangan orang lain dari mutasi pergantian basa ini pada tubuh kita?
    (ridwan pratama XII IPA 1)

    BalasHapus
  3. [fauzi afnan XII IPA 1]

    mencoba menjawab pertanyaan shidiq .
    Mutasi gen adalah mutasi yang terjadi dalam lingkup gen sedangkan mutasi kromosom adalah mutasi yang terjadi dalam lingkup koromosom. Peristiwa yang terjadi pada mutasi gen dapat perubahan urut-urutan DNA. Mutasi kromosom terdiri dari perubahan struktur kromosom dan perubahan jumlah kromosom.

    contoh : Mutasi pergantian pasangan basa,Mutasi transisi, Mutasi tranversi, Mutasi misens,Mutasi netral, mutasi diam ,Mutasi perubahan rangka,mutasi titik .

    BalasHapus
  4. Muh. Irfan Hakim XII...
    apakah mutasi gen ini juga mempengaruhi bentuk kromosom yang termutasi??

    BalasHapus
  5. mencoba menjawab pertanyaan m. irfan :
    mutasi gen juga dapat mempengaruhi bentuk kromosom yang telah termutasi. mutasi tersebut dinamakan mutasi balik

    BalasHapus
  6. apakah mutasi gen dapat menyebabkan autis ?

    BalasHapus
  7. mencoba menjawab pertanyaan mas Fahmi.............

    pasti, karena autis terjadi karena banyaknya jumlah gen yang termutasi secara tiba-tiba yang berhubungan dengan proses turunnya gen dari induk ke keturunannya.

    BalasHapus
  8. Ada berapakah jenis kelainan kromosom yang diketahui saat ini?

    BalasHapus
  9. @Dadang
    Ada 4 tipe penyebab kelainan kromosom, yaitu (1) nondisjunction: ada gangguan dalam pelepasan sepasang kromosom, entah terjadi pada sebagian atau seluruhnya; (2) translokasi: terjadi penukaran 2 kromosom yang berasal dari pasangan berbeda; (3) mosaik: terjadi salah mutasi pada mitosis/pembelahan di tingkat zigot; dan (4) reduplikasi atau hilangnya sebagian kromosom.
    Namun yang terberat bila ada bagian kromosom yang hilang atau ditambahkan yang disebut trisomi, atau karena struktur kromosom yang berubah.

    BalasHapus