Select Menu

Random post

Animalia

Evolusi

Genetika

Pertumbuhan Tumbuhan

info

» » » Praktikum Membuat Nata de Coco

Dalam rangka mempraktikkan ilmu bioteknologi yang telah diajarkan di kelas XII semester genap sekaligus sebagai ujian praktik (ujian sekolah); peserta didik kelas XII IPA SMAIT Nur Hidayah melakukan praktikum pembuatan Nata de coco. Praktikum ini dilakukan sebanyak 3 kali periode. Namun demikian, mereka begitu menikmati aplikasi bioteknologi konvensional ini dengan melakukannya secara langsung menggunakan tangan mereka sendiri.


Setiap anak melakukan pembuatan nata de coco secara mandiri dan tanpa melihat teks. Pada hari pertama, mereka menyiapkan bahan dan alat hingga meraciknya. Pada hari pertama tentunya nata belum jadi. Maka dari itu, sesuai tahapan mereka menyimpan 'racikan' air kelapa + bibit Acetobacter xylinum ke dalam lemari penyimpan.

Hari kedua, sekitar 18 hari terhitung sejak hari pertama, mereka mengambil racikan itu dan masing-masing telah terdapat padatan putih (baca: nata de coco) yang siap di panen. Mereka mengambil dan mencuci nata tersebut. Lalu, Nata yang bentuknya menyesuaikan bentuk wadah itu dipotong dengan bentuk dan ukuran kecil sesuai selera. setelah itu, direndam dengan air bersih dalam wadah dan disimpan kembali ke dalam lemari selama tiga hari. Namun, setiap hari mereka harus mengganti air rendaman tadi.

Nah, pada hari ketiga sebagai sesi terakhir (finishing), mereka mencuci nata dan merebusnya selama 15 menit. Setelah itu, nata diberi sirup dan siap dikemas dan dikonsumsi. Lebih dari itu, masing-masing anak mencoba mencicipi nata de coco buatannya sendiri. Inilah sampel hasil nata de coco hasil praktikum mereka:



Pada akhirnya, semua anak berhasil membuat nata de coco. Mereka merasa puas bahwa dirinya ternyata mampu mengaplikasikan bioteknologi konvensional. Siapa tahu, suatu saat salah satu atau beberapa di antara mereka menjadi produsen nata de coco di dunia wirausaha pada masa mendatang.





Photobucket

About Sultan Budi Lenggono

Budi Lenggono, S.Pd. sebagai admin blog ini adalah seorang guru Biologi di SMA Islam Terpadu (SMA IT) Nur Hidayah. Alamat di Jl. Pandawa 10 Pucangan, Kartasura, Sukoharjo. Selain itu, beliau juga seorang trainer dan hipnoterapis profesional (Certified Hypnoterapist; Master of Clinical Hypnotherapy). Web lainnya : www.sultanbudilenggono.com
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

2 comments

  1. ridwan pratama(XII IPA 1) :bagaimana proses terbentuknya nata de coco dari sari kelapa hingga terbentuk nata?

    BalasHapus
  2. dengan metode praktikum yang sama dengan pembuatan nata de coco, apakah ada variasi bahan utama yang lain selain air kelapa? jika iya, apa nama bahan utama itu?

    BalasHapus