Select Menu

Random post

Animalia

Evolusi

Genetika

Pertumbuhan Tumbuhan

info

» » » Hari Orang Utan Se-Dunia: 19 Agustus

Baru beberapa hari yang lalu, kita memeringati hari macan sedunia, kini kita ikut peringati hari orang utan sedunia pada tanggal 19 Agustus. Kenapa harus diperingati? Setidaknya kita sebagai kholifatu fil ardh ikut memperhatikan lebih seksama dan merenungi salah satu makhluk ciptaan Alloh SWT yang bentuknya sempat dikira awal evolusi manusia ini.


Orang utan Indonesia, adalah hewan endemik yang dapat dijumpai di zona orientalis meliputi P. Sumatra dan P. Kalimantan. Di Kalimantan berupa spesies Pongo pygmaeus sedangkan di Sumatra berupa spesies Pongo abelii. Untuk itu, kita orang Indonesia patut berbangga memiliki si pongo ini.


Ingin tahu klasifikasi ilmiah hewan ini? Klasifikasi/taksonomi orang utan adalah sebagai berikut:

Kerajaan :     Animalia
Filum      :     Chordata
Kelas      :     Mamalia
Ordo      :     Primata
Famili     :     Hominidae
Upfamili  :     Ponginae
Genus     :     Pongo
Spesies   :     Pongo pygmaeus, Pongo abelii

Berikut peta distribusi orang utan Indonesia:



Penelitian terbaru dipimpin Brent Loken dari Simon Fraser University dan Dr. Stephanie Spehar dari University of Wisconsin Oshkosh ke hutan Wehea di Muara Wahau, Kutai Timur, Kalimantan Timur, menemukan perilaku baru orangutan. Spesies yang dikenal jago bergelantungan di dahan ini kini makin banyak menghabiskan waktu di tanah. Mengapa? Penyebab perubahan masih misteri. Namun, dugaan kuat karena penyesuaian terhadap perubahan habitat. Hutan, sebagai rumah mereka makin habis terbabat.

Menurut Shepar, kendati melihat orangutan bisa fleksibel dalam perilaku mereka dibanding yang diperkirakan, tetapi mereka masih membutuhkan hutan untuk bertahan hidup. “Di hutan tanaman industri sekalipun, mereka masih bergantung pada hutan alami untuk sumber pangan mereka dan bersarang.”
Penelitian ini menunjukkan, bagaimanapun orangutan bergantung pada hutan. Sayangnya, ekspansi besar-besaran hutan untuk perkebunan, baik kebun sawit, sampai kayu hingga pertambangan, menyebabkan satwa dilindungi ini makin terdesak. Aksi nyata penyelamatan orangutan harus terus digerakkan. Tak berlebihan, diawali 2013 ini, setiap 19 Agustus digagas menjadi Hari Orangutan Sedunia.


Referensi:
Mongabay.co.id
http://id.wikipedia.org/wiki/Orang_utan

About Sultan Budi Lenggono

Budi Lenggono, S.Pd. sebagai admin blog ini adalah seorang guru Biologi di SMA Islam Terpadu (SMA IT) Nur Hidayah. Alamat di Jl. Pandawa 10 Pucangan, Kartasura, Sukoharjo. Selain itu, beliau juga seorang trainer dan hipnoterapis profesional (Certified Hypnoterapist; Master of Clinical Hypnotherapy). Web lainnya : www.sultanbudilenggono.com
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar

Leave a Reply