Select Menu

Random post

Animalia

Evolusi

Genetika

Pertumbuhan Tumbuhan

info

» » » Latihan Soal: Hereditas

Standar Kompetensi:
3. Memahami penerapan konsep dasar dan prinsip-prinsip hereditas serta implikasinya pada Salingtemas.


Kompetensi Dasar:
3.1 Menjelaskan konsep gen, DNA, dan kromosom.


I. Pilihan Ganda
1. Kromosom dapat terlihat pada ....
a. sel mati d. sel yang sedang membelah
b. sel sehat e. sel yang sedang tumbuh
c. sel yang sedang istirahat
2. Metasentrik adalah kromosom yang sentromernya terletak di ....
a. tepat di tengah kromosom d. tepat di ujung kromosom
b. cenderung lebih dekat ke satu sisi lengan e. sekeliling kromosom
c. mendekat ke ujung kromosom
3. Gen terletak di suatu tempat yang disebut ....
a. retikulum d. plastida
b. sitoplasma e. sentromer
c. lokus
4. Pernyataan berikut yang salah adalah ....
a. gen dalam nukleus bertugas mengendalikan kegiatan seluler tubuh
b. produk dari aktivitas gen dapat menembus membran inti
c. gen mempengaruhi pembuatan protein dalam sel
d. protein hasil aktivitas gen bukan merupakan komponen enzim
e. gen adalah bagian yang mengontrol pigmen rambut
5. Perhatikan hal berikut.
1. gugus gula 4. natrium
2. asam fosfat 5. basa nitrogen
3. zat besi
Komponen DNA meliputi ....
a. 1 dan 2 d. 4
b. 1, 2, dan 3 e. 1, 2, dan 5
c. 3 dan 5

II. Isian
6. … dibangun oleh senyawa protein dan asam nukleat
7. DNA kepanjangannya ….
8. golongan …, terdiri atas adanin (A) dan guanin (G).
9. Model replikasi DNA yang kedua molekul anak setiap untai terdiri atas bagian untai lama dan untai baru yang disintesis bersambungan adalah .....
10. Komponen pembawa sifat pada virus, yakni ....


KUNCI JAWABAN
1. D
Pada saat sel akan membelah, maka didahului tahap profase. Pada tahap ini, kromosom terbentuk dari penebalan benang kromatin. Dengan pembentukan kromosom akibat penebalan kromatin inilah kromosom dapat terlihat.
2. A
Pada metasentrik, sentromer terletak tepat di tenag kromosom atau diapit oleh 2 lengan/kromatid yang sama panjang.
3. C
Di sepanjang kromosom terdapat lokus sebagai tempat terdapatnya gen-gen yang mengandung informasi genetik.
4. D
Enzim mengandung molekul protein dan nonprotein. Setiap enzim dalam sel, molekul proteinnya disuplai dari sintesis protein yang dikendalikan oleh gen dalam inti sel.
5. E
DNA memiliki kepanjangan Deoksiribo-nucleic Acid. DNA merupakan 2 untai polinukleotida yang berpilin dan disebut double helix. Setiap nukeotida tersusun atas gugus fosfat, gula deoksiribosa, dan basa nitrogen (purin dan pirimidin).
6. Nukleoprotein
7. Deoxyribonucleic Acid
8. purin
9. model dispersif
10. RNA genetik



Kompetensi Dasar:
3.2 Menjelaskan hubungan gen (DNA) -RNA- polipeptida dan proses sintesis protein.


I. Pilihan Ganda
1. RNA yang berperan dalam mengikat asam-asam amino dan mengangkutnya ke ribosom adalah ....
a. RNA duta d. RNA inti
b. RNA transfer e. RNA biasa
c. RNA ribosom
2. Proses penerjemahan kode oleh RNA transfer ke dalam deretan asam amino yang dikehendaki disebut ....
a. transkripsi d. replikasi
b. translasi e. duplikasi
c. induksi
3. Suatu rantai asam amino yang panjang dinamakan ....
a. monopeptida d. monosakarida
b. diplopeptida e. polisakarida
c. polipeptida
4. Transkripsi terjadi di ....
a. nukleus d. retikulum
b. membran sel e. ribosom
c. sitoplasma
5. Proses penerjemahan kode oleh RNA transfer ke dalam deretan asam amino yang dikehendaki disebut ....
a. transkripsi d. replikasi
b. translasi e. duplikasi
c. induksi

II. Isian
6. … adalah tahap pencetakan salinan RNA mesenger dari DNA di dalam nukleus
7. Kodon adalah satu kelompok nukleotida yang memerinci suatu ….
Untuk soal no. 8-10
Diketahui DNAsense : ACG – AAA – TCT – CAA – GGA – ACT – GTG – CGC
8. DNAantisense : ...
9. Kodon/mRNA : ...
10. Polipeptida yang terbentuk : ...

KUNCI JAWABAN
1. B
tRNA adalah molekul adaptor yang membaca urutan nukleotida pada mRNA dan mengubahnya menjadi asam amino. Asam amino ini diperoleh tRNA dari sitoplasma yang diangkut ke ribosom.
2. B
Translasi terjadi setelah adanya transkripsi (pencetakan mRNA) di inti sel. Translasi dimulai setelah mRNA datang di ribosom dan bertemu tRNA untuk diterjemahkan kodenya menjadi asam amino.
3. C
Peptida merupakan molekul yang terbentuk dari dua atau lebih asam amino. Jika jumlah asam amino masih di bawah 50 molekul disebut peptida, namun jika lebih dari 50 molekul disebut dengan polipeptida atau protein. Jumlah molekul sebanyak lebih dari 50 merupakan rantai yang sangat panjang.
4. A
Transkripsi merupakan proses pencetakan mRNA dari untai DNA. Untai DNA terletak di dalam inti sel. Oleh karena itu, transkripsi terjadi di inti sel.
5. B
Translasi merupakan proses lanjutan dari transkripsi. Dalam translasi terjadi penyusunan rantai asam amino menjadi polipeptida (protein). Penyusunan ini bergantung pada urutan mRNA yang diterjemahkan oleh tRNA yang membawakan asam amino sesuai permintaan kode mRNA.
6. Transkripsi
7. Asam amino
8. DNAantisense : TGC – TTT – AGA – GTT – CCT – TGA – CAC – GCC
9. Kodon/mRNA : UGC – UUU – AGA – GUU – CCU – UGA – CAC – GCG
10. Polipeptida yang terbentuk : Sistein – fenilalanin – arginin – valin – prolin (tidak dilanjutkan karena UGA adalah kodon stop)



Kompetensi Dasar:
3.3 Menjelaskan keterkaitan antara proses pembelahan mitosis dan meiosis dengan pewarisan sifat.


I. Pilihan Ganda
1. DNA yang tidak mengalami pembelahan berada dalam sekumpulan massa benang tipis disebut ....
a. kromonema d. kromatin
b. kromosom e. kromatid
c. mitokondria
2. Pembelahan sel pada organisme eukariotik terjadi ....
a. pembelahan inti dan pembelahan sitoplasma d. pemindahan inti
b. pembentukan inti e. pengeluaran sitoplasma dari sel
c. penghancuran inti
3. Selama mitosis pergerakan dan distribusi kromosom diatur oleh ....
a. mikrotubul d. mikrotubul dan benang kumparan
b. benang kumparan e. sentromer
c. sentriol
4. Saat profase terjadi ....
a. benang-benang kromatin menjadi kromosom d. kromatid menjadi kromosom
b. kromosom menjadi benang-benang kromatin e. kromosom belum menggganda
c. kromosom menjadi kromatid
5. Sel anak yang dihasilkan dari pembelahan meiosis adalah sebanyak ... buah
a. satu d. empat
b. dua e. lima
c. tiga

II. Isian
6. … dimulai pada saat pasangan sentromer dari setiap kromosom bergerak menjauh, hingga akhirnya terlepas dari pasangannya (kromatid saudaranya).
7. Pada tahap … setiap kutub telah memiliki satu set kromosom.
8. Pada tumbuhan, meiosis berfungsi menghasilkan … yang secara mitosis akan membelah menjadi generasi haploid.
9. Spermatogenesis dimulai dengan pembelahan spermatogonia secara mitosis menjadi sel-sel baru yang disebut ….
10. Di dalam sporangium bakal biji, terdapat sebuah sel besar bersifat diploid yang dikenal dengan sebutan ….

KUNCI JAWABAN
1. D
Kromatin adalah bentuk awal kromosom yang masih berupa benang tipis DNA. Kromatin dijumpai di dalam inti sel yang tidak sedang membelah. Adapun apabila inti sel akan membelah maka kromatin akan menebal membentuk kromosom.
2. A
Pada saat mitosis dan meiosis terutama pada telofase, sitoplasma ikut membelah dan peristiwa ini disebut sitokinesis. Sitokinesis telah didahului dengan kariokinesis, yaitu pembelahan inti sel ditunjukkan dengan terpisahnya kromosom-kromosom setelah berjajar di bidang ekuator pembelahan.
3. D
Mikrotubul dan benang kumparan membentuk benang gelendong yang mampu mengikat sentromer sehingga pergerakan kromosom dapat dikendalikan, seperti berjajar di bidang ekuator dan ditarik menuju kutub.
4. A
Profase merupakan tahap awal pembelahan baik mitosis maupun meiosis. Pada tahap ini inti sel mulai melebur dan benang-benang kromatin mulai menebal menjadi kromosom
5. D
Pembelahan sel dapat dibedakan menjadi 2 macam, mitosis dan meiosis. Mitosis terjadi pada sel tubuh dan menghasilkan dua sel anakan dengan jumlah kromosom sama dengan induk. Adapun meiosis terjadi pada sel kelamin dan menghasilkan 4 sel anakan dengan jumlah kromosom separuh jumlah kromosom induk.
6. Anafase
7. telofase
8. spora
9. spermatosit primer
10. megasporosit


Kompetensi Dasar:
3.4 Menerapkan prinsip hereditas dalam mekanisme pewarisan sifat.


I. Pilihan Ganda
1. Orang yang berperan dalam teori pewarisan sifat ialah ....
a. G.J. Mendel d. I. Newton
b. A. Mendel e. Galileo
c. B. Franklin
2. Persilangan monohibrid merupakan persilangan antara ....
a. dua tanaman yang memiliki dua sifat beda
b. dua bunga yang memiliki dua sifat beda
c. satu tanaman yang memiliki dua sifat beda
d. satu tanaman yang memiliki satu sifat beda
e. dua tanaman yang memiliki satu sifat beda
3. Berikut ini genotipe yang homozigote adalah ....
a. Mm d. Mn
b. PL e. Pl
c. pp
4. Back cross adalah persilangan antara ....
a. F1 dengan F1 d. induk dengan F1
b. F1 dengan F2 e. induk yang berbeda
c. induk jantan dengan betina
5. tujuan dilakukannya test cross adalah ....
a. untuk mengetahui galur murni d. untuk melihat sifat resesif
b. untuk percobaan/penelitian e. untuk melihat sifat dominan
c. untuk mengetahui kualitas induk

II. Isian
6. Interaksi gen pertama kali ditemukan oleh … pada bentuk pial (jengger) ayam.
7. … terjadi karena adanya gen yang berdiri sendiri-sendiri, tetapi saling memengaruhi.
8. Pada perkawinan antara wanita … dan pria normal akan dihasilkan anak laki-laki buta warna.
9. … merupakan salah satu cara untuk menelusuri keberadaan penyakit genetik yang turun-temurun dalam suatu keluarga.
10. Tes laboratorium dan uji klinis yang digunakan untuk pemeriksaan kelainan genetik ini biasanya berupa ….

KUNCI JAWABAN
1. A
Mendel pernah melakukan penelitian untuk mengetahui penurunan sifat dari induk kepada keturunannya dengan menggunakan tanaman kacang ercis. Lalu, dia membuat hukum Mendel I berbunyi, “peristiwa pembentukan sel gamet dua gen yang berpasangan akan diturunkan secara bebas pada keturunannya melalui gamet.” Inilah yang membuat ahli biologi yang lain mengikuti jejaknya dalam teori pewarisan sifat.
2. E
Monohibrid berasal dari kata mono yang berarti satu, dan hibrid yang berarti sifat beda yang diturunkan/diwariskan
3. C
Genotip homozigot ditandai dengan kode huruf sama, misalnya huruf kapital semua untuk homozigot dominan atau huruf kecil semua untuk homozigot resesif. pp termasuk homozigot resesif.
4. D
Backcross adalah mengawinkan F1 dengan salah satu induknya (P), baik induk homozigot dominan maupin resesif. Tujuannya adalah untuk mengetahui genotipe induknya. Biasanya genotipe induk belum diketahui dan baru dapat diketahui setelah diadakan backcross.
a)Backcross : ♀ F1 (kuning) >< ♂ induk (?) Kk ? Gamet : K k k k Hasil : Kk (kuning) kk (putih) Karena hasilnya kuning : putih = 1:1, berarti induknya bergenotipe kk. b) Backcross : ♀ F1 (kuning) >< ♂ induk (?) Kk ? Gamet : K K k K Hasil : KK (kuning) Kk (kuning) Karena hasilnya kuning semua, berarti induknya bergenotipe KK. 5. A Testcross adalah mengawinkan suatu individu hasil persilangan dengan salah satu induknya yang homozigot resesif. Uji silang ini bertujuan untuk mengetahui apakah individu yang diuji tersebut homozigot (galur murni) atau heterozigot. Apabila hasil uji silang menunjukkan perbandingan fenotipe keturunannya memisah, maka kesimpulannya individu yang diuji heterozigot bukan homozigot (galur murni). Tetapi apabila hasil uji silang 100% berfenotipe sama, maka individu tersebut homozigot. 6. William Bateson dan R.C. Punnet 7. Polimeri 8. carrier buta warna 9. Pedigree 10. tes DNA Kompetensi Dasar:
3.5 Menjelaskan Peristiwa mutasi dan Implikasinya dalam Salingtemas.


I. Pilihan Ganda
1. Perhatikan pernyataan berikut.
1) perubahan struktur kromosom
2) perubahan jumlah kromosom setiap sel
3) perubahan pada molekul DNA
4) struktur kromosom tetap
5) perubahan bahan penyusun DNA
Yang termasuk sifat mutasi adalah ....
a. 1 d. 4 dan 5
b. 1 dan 2 e. 1, 2, 3, 4, dan 5
c. 1, 2, dan 3
2. Perubahan jumlah gen pada ujung kromosom disebut .....
a. delesi interkalar d. inversi
b. delesi terminal e. translokasi
c. duplikasi
3. Translokasi resiprok adalah ....
a. translokasi yang terjadi apabila satu patahan kromosom pindah ke kromosom lain nonhomolog
b. translokasi yang terjadi apabila tiga patahan kromosom bergabung meskipun nonhomolog
c. translokasi yang terjadi apabila patahan antarkromosom nonhomolog bertukar tempat
d. translokasi yang terjadi apabila patahan-patahan kromosom nonhomolog gagal bergabung
e. translokasi yang terjadi apabila patahan-patahan kromosom nonhomolog berdiri sendiri
4. Rumus jumlah kromosom dari nulisomi, yaitu ....
a. n-1 d. 2n + 1
b. 2n e. 2n + 2
c. 2n – 2
5. Pria yang memiliki tangan dan kaki panjang serta payudaranya cenderung berkembang termasuk penderita ....
a. Sindroma Down d. Sindroma XXX
b. Sindroma Turner e. Sindroma XYY
c. Sindroma Klinefelter

II. Isian
6. ... merupakan penambahan bahan kromosom sehingga suatu bagian kromosom menerima kelebihan segmen kromosom.
7. Pada ... diikuti dengan penyisipan kembali gen-gen pada kromosom yang sama dengan urutan terbalik.
8. ... merupakan keadaan yang muncul jika suatu bagian dari sebuah kromosom pindah ke kromosom lain yang bukan homolognya.
9. Peristiwa penambahan atau pengurangan pada salah satu kromosom dari genom yang menyebabkan perubahan jumlah kromosom disebut ….
10. Virus … menyebabkan limfoma burkitt, kanker hidung, dan kanker tenggorokan.

KUNCI JAWABAN
1. C
Mutasi memiliki sifat sebagai berikut:
1. kromosom mengalami perubahan struktur baik letak gen maupun komposisi basa nitrogen yang berubah
2. mutasi dapat menyebabkan perubahan jumlah kromosom setiap sel
3. mutasi pada basa nitrogen dapat mengakibatkan perubahan pada molekul DNA
2. B
Delesi terminal menunjukkan adanya pengurangan segmen kromosom yang terletak di ujung.
3. C
Translokasi terjadi patahan pada dua kromosom yang non homolog, lalu patahan tersebut berpindah dan menempel pada kromosom yang nonhomolognya. Hal ini menyebabkan seolah-olah segmen patahan saling bertukar.
4. C
Macam-macam aneusomik antara lain :
1. Monosomik (2n-1); mutasi karena kekurangan 1 kromosom
2. Nullisomik (2n-2); mutasi karena kekurangan 2 kromosom
3. Trisomik (2n+1); mutasi karena kelebihan 1 kromosom
4. Tetrasomik (2n+2); mutasi karena kelebihan 2 kromosom
5. C
Sindrom Klinefelter; ditemukan oleh Klinefelter tahun 1942
Ciri-cirinya:
a. Kariotipe 47, XXY (kelebihan kromosom seks X) diderita oleh pria
b. Bulu badan tidak tumbuh
c. Testis mengecil, mandul (steril)
d. Buah dada membesar
e. Tinggi badan berlebih
f. Jika jumlah kromosom X lebih dari dua, mengalami keterbalakangan mental
6. Duplikasi
7. inversi
8. Translokasi
9. aneuploid
10. epstein-barr


Photobucket

About Sultan Budi Lenggono

Budi Lenggono, S.Pd. sebagai admin blog ini adalah seorang guru Biologi di SMA Islam Terpadu (SMA IT) Nur Hidayah. Alamat di Jl. Pandawa 10 Pucangan, Kartasura, Sukoharjo. Selain itu, beliau juga seorang trainer dan hipnoterapis profesional (Certified Hypnoterapist; Master of Clinical Hypnotherapy). Web lainnya : www.sultanbudilenggono.com
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

1 comments