SMAIT Nur Hidayah merupakan tindak lanjut realisasi konsep keterpaduan pendidikan Islami Yayasan Nur Hidayah Surakarta. Kemunculan SMAIT Nur Hidayah tak lepas dari harapan masyarakat yang telah merasakan kesuksesan pendidikan di SDIT dan SMPIT Nur Hidayah Surakarta. SMAIT Nur Hidayah dirancang untuk memberikan pendidikan yang berkualitas sehingga siap mengantarkan peserta didik ke perguruan tinggi favorit di dalam maupun di luar negeri.
SMAIT Nur Hidayah menyiapkan generasi muda yang cerdas secara intelektual, spiritual, dan emosional, serta memiliki life skill (learning skill, social skill, leadership dan entrepreneurship skill) sehingga mereka siap menjadi warga dunia yang berdaya saing tinggi di era global.
Landasan Filosofis
"Dan hendaklah takut kepada Allah orang-orang yang seandainya meninggalkan di belakang mereka anak-anak yang lemah, yang mereka khawatir terhadap (kesejahteraan) mereka. Oleh sebab itu hendaklah mereka bertakwa kepada Allah dan hendaklah mereka mengucapkan perkataan yang benar." (QS. An-Nisa’ ; 9).
Landasan Konstitusional
Muqadimah UUD 1945: ”Kemudian daripada itu, untuk membentuk suatu pemerintahan negara Indonesia yang melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia, dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial ...”.
Amandemen II UUD 1945 Pasal 28C Ayat (1) pada tahun 2000 di mana hak memperoleh pendidikan bagi warga negara ditetapkan menjadi bagian dari Hak Asasi Manusia : “Setiap orang berhak mengembangkan diri melalui pemenuhan kebutuhan dasarnya, berhak mendapat pendidikan dan memperoleh manfaat dari ilmu pengetahuan dan teknologi, seni dan budaya, demi meningkatkan kualitas hidupnya dan demi kesejahteraan umat manusia”.
UU No. 20/2003 pasal 3: “Pendidikan Nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga Negara yang demokratis dan bertanggung jawab.”
UU No. 20/2003 Sisdiknas pasal 1 ayat 1 tentang definisi pendidikan, yaitu Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat bangsa dan negara.
SMAIT Nur Hidayah merupakan lembaga pendidikan di bawah naungan Yayasan Nur Hidayah Surakarta. Akte notaris pendirian Yayasan Nur Hidayah Surakarta oleh Notaris Anton Wahyu Pramono, SH dengan Nomor 10 tanggal 7 Pebruari 1992 dan telah diadakan perubahan melalui Notaris Tjondro Santoso, SH dengan Akta Perubahan Nomor 75 tanggal 24 April 1993 dan Notaris H. Made Tony Rodhiyarto, SE, SH Nomor 07 Tanggal 15 Januari 2004. Para pendiri Yayasan Nur Hidayah Surakarta adalah H. Siswo Oetomo, H. Pujo Seputro, dan H. Al Hisyam.
Visi SMAIT Nur Hidayah
Menjadi sekolah Islami yang mampu menyiapkan generasi cerdas, berbudaya, dan berdaya saing
Cerdas :
Cerdas intelektual : Aktualisasi diri dalam olah pikir kritis, kreatif, imajinatif untuk penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi
Cerdas spiritual : Aktualisasi diri dalam keimanan dan ketakwaan untuk mencapai keluhuran budi dan kepribadian unggul
Cerdas emosional : Aktualisasi diri dalam olah rasa untuk meningkatkan sensitivitas terhadap keindahan seni dan budaya
Cerdas sosial : Aktualisasi diri dalam interaksi masyarakat
Cerdas kinestetis : Aktualisasi insan adiraga untuk mewujudkan insan sehat, bugar, berdaya tahan, sigap, terampil dan trengginas
Berbudaya :
- Budaya empatik dan simpatik
- Budaya demokratis
- Menjunjung tinggi hak asasi manusia
- Memupuk hubungan timbal balik
- Ceria dan percaya diri
- Menghargai kebhinekaan dalam bermasyarakat dan bernegara
- Berwawasan kebangsaan dengan kesadaran akan hak dan kewajiban warga negara
Berdaya saing :
- Bersemangat juang tinggi
- Mandiri
- Pantang menyerah
- Pembangun dan Pembina jejaring
- Bersahabat dengan perubahan
- Inovatif
- Agen perubahan
- Produktif
- Sadar mutu
- Berorientasi global
- Pembelajar sepanjang hayat
- Berkepribadian unggul dan cinta akan keunggulan
Misi SMAIT Nur Hidayah
1. Mewujudkan nilai Islam melalui penyelenggaraan sekolah.
2. Melakukan Islamisasi dalam isi dan proses pendidikan.
3. Menerapkan pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan dengan multimetode dan multimedia.
4. Melakukan pembinaan terarah, bertahap, dan menyeluruh dalam rangka membentuk pribadi Islami.
5. Menampilkan keunggulan budaya lokal yang Islami.
Pengertian
Sekolah Islam Terpadu adalah Sekolah Islam yang diselenggarakan dengan memadukan secara integratif nilai dan ajaran Islam dalam bangunan kurikulum dengan pendekatan pembelajaran yang efektif dan pelibatan kooperatif antara guru dan orang tua, serta masyarakat untuk membina karakter dan kompetensi peserta didik.
Karakteristik SMAIT
1. Menjadikan Islam sebagai landasan filosofis.
2. Mengintegrasikan nilai Islam kedalam bangunan kurikulum.
3. Menerapkan dan mengembangkan metode pembelajaran untuk mencapai optimalisasi proses belajar mengajar.
4. Mengedepankan keteladanan dalam membentuk karakter peserta didik
5. Menumbuhkan atmosfir kebaikan dalam iklim dan lingkungan sekolah, menumbuhkan kemaslahatan dan meniadakan kemaksiatan.
6. Melibatkan peran serta orang tua dan masyarakat dalam mendukung tercapainya tujuan pendidikan.
7. Mengutamakan nilai persaudaraan dalam semua interaksi antar warga sekolah.
8. Membangun budaya rawat, resik, rapih, runut, ringkas, sehat dan asri.
9. Menjamin seluruh proses kegiatan sekolah untuk berorientasi pada mutu.
10. Menumbuhkan budaya profesionalisme yang tinggi di kalangan tenaga pendidik dan tenaga kependidikan.
Kurikulum SMAIT
Kurikulum SMAIT berlandaskan kepada kurikulum nasional yang diperkaya dengan pendekatan dan isi yang sesuai dengan pijakan filosofis, visi dan tujuan pendidikan Islam. Implikasinya, kurikulum SMAIT memberikan tambahan muatan pada pelajaran Agama Islam, pelajaran membaca dan menghafal Al Quran, serta mempertajam kurikulum ekstrakurikuler untuk pembentukan karakter.
Tujuan Pendidikan SMAIT
Menyelenggarakan pendidikan Menengah Atas Islam yang mampu memberikan bekalan pengetahuan, sikap dan ketrampilan yang mengantarkan siswa didik untuk mencapai kompetensi pengetahuan, sikap dan ketrampilan yang optimal untuk memasuki gerbang pendidikan selanjutnya, serta siap menjadi kader-kader dakwah dan pemimpin perubahan.
Tujuan umum pendidikan SMAIT adalah membina peserta didik untuk menjadi insan bertaqwa yang cerdas, berakhlaq mulia dan memiliki ketrampilan yang memberi manfaat dan maslahat bagi umat manusia, dengan rincian karakter profil lulusan sebagai berikut:
1. Aqidah yang bersih
2. Ibadah yang benar
3. Pribadi yang matang
4. Mandiri
5. Efisien
6. Sehat dan kuat
7. Bersungguh-sungguh dan disiplin
8. Tertib dan cermat
9. Cerdas dan berpengetahuan
10. Bermanfaat
WAKTU BELAJAR
Senin - Jumat : 07.00 –15.30
Sabtu : 07.00 –12.30
Internat : Menyesuaikan Jadwal Wisma
(khusus warga wisma pelajar)
EKSTRAKURIKULER
○ Seni : nasyid
○ Olah raga : beladiri, renang, futsal, dan sepakbola
○ Bahasa : english club, arabic club, and japanese club
○ Jurnalistik
○ Kelompok Ilmiah Remaja
○ Pramuka SIT
Target Pencapaian Pendidikan SMAIT NH
Akademis : Nilai mata pelajaran agama, IPA, matematika, IPS, bahasa Indonesia dan Inggris di atas standar nasional
Tahfidzul Quran : menambah hafalan minimal 3 juz Al Quran
Bahasa Asing : dapat membaca dan memahami kitab-kitab berbahasa Arab dan referensi bahasa Inggris, serta mampu berkomunikasi dengan bahasa tersebut
Keterampilan : keagamaan khusus, keterampilan belajar (Learning Skill), keterampilan hidup (Life Skill), keterampilan sosial masyarakat (Social Skill), keterampilan dakwah dan manajemen dakwah.
Tenaga kependidikan memiliki kompetensi :
1. Kepribadian
meliputi akhlak yang mulia, arif bijaksana, menghargai waktu, aqidah yang lurus, ibadah yang benar, sehat bugar, rapi, bersih, tertib, cermat, terbuka dan mudah bekerjasama
2. Paedagogik dan Andragogik
meliputi pemahaman tentang perkembangan peserta didik, perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran
3. Sosial
meliputi kemampuan berkomunikasi dan bekerjasama dengan orang lain serta kemampuan memimpin dan dipimpin
4. Profesional
meliputi penguasaan terhadap materi keilmuan, kurikulum, silabus, manajerial serta kemampuan dalam penggunaan sumber informasi dan komunikasi ilmiah
KONSULTAN
Konsultan SMAIT Nur Hidayah adalah para pakar pendidikan maupun para spesialis dalam ilmu pengetahuan yang secara tulus ikhlas mendermakan ilmunya dalam dakwah berbasis pendidikan di SMA Islam Terpadu Nur Hidayah. Tugas para konsultan adalah :
1. Menjadi narasumber pelatihan/workshop guru
1. Memberikan pertimbangan dan masukan tentang inovasi pembelajaran SMA Islam Terpadu Nur Hidayah
3. Memberikan pertimbangan dan masukan tentang manajemen SMA Islam Terpadu Nur Hidayah
4. Memberi informasi terkini tentang perkembangan ilmu sesuai dengan bidang masing-masing
Para pakar tersebut adalah :
1. Prof. Dr. HM. Furqon Hidayatulloh, M.Pd. (Pendidikan)
2. Prof. Dr. H. Soetarno Joyoatmojo, M.Pd. (Pendidikan)
3. Prof. Dr. rer.nat. H. Sajidan, M.Si. (Biologi)
4. Dr. Djatmika, MA.(Bahasa Inggris)
5. Dr. Sutanto, S.Si. DEA (Pengembangan Jaringan)
6. Drs. Tri Atmojo Kusmayadi, M.Sc, Ph.D (Matematika)
7. Drs. Sentot Budi Raharjo, Ph.D (Kimia)
8. Sarwanto, S. Pd, M. Si (Fisika)
9. Drs. Sukro Muhab, M. Si (Ketua JSIT Indonesia)
Rencana Pengembangan
1. MANAJEMEN
Terakreditasi A (Tahun 2012)
Sister School dengan Sekolah Luar Negeri (Tahun 2013)
Sekolah Bertaraf Internasional (Tahun 2015)
2. KURIKULUM
Pembelajaran Bilingual (Tahun 2008)
Pembelajaran Berbasis IT (Tahun 2010)
3. KESISWAAN
Menang Olimpiade Regional, Nasional dan Internasional (Tahun 2013)
Menang dalam Kompetisi Siswa Regional, Nasional dan Internasional (Tahun 2013)
4. FISIK
Perluasan Bangunan (Tahun 2009)
Perluasan Lahan (Tahun 2012)
Pemenuhan sarana (Tahun 2009)
Pembuatan wisma-wisma pelajar untuk seluruh siswa (Tahun 2014)
Virtual Library Centre (Tahun 2015)
Demikianlah sekilas tentang SMAIT Nur Hidayah.
Random post
Animalia
Evolusi
Genetika
Pertumbuhan Tumbuhan
info
Tagged with: SMAIT
About Sultan Budi Lenggono
Budi Lenggono, S.Pd. sebagai admin blog ini adalah seorang guru Biologi di SMA Islam Terpadu (SMA IT) Nur Hidayah. Alamat di Jl. Pandawa 10 Pucangan, Kartasura, Sukoharjo. Selain itu, beliau juga seorang trainer dan hipnoterapis profesional (Certified Hypnoterapist; Master of Clinical Hypnotherapy). Web lainnya : www.sultanbudilenggono.com
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar