Select Menu

Random post

Animalia

Evolusi

Genetika

Pertumbuhan Tumbuhan

info

» » » Video tentang Evolusi Manusia

Fosil subhuman tertua adalah Australophitecus, wujudnya lebih menyerupai kera daripada manusia, kemudian muncul manusia kera dari Jawa, Pitecanthropus erectus yang hidup pada ± 500.000 tahun yang lalu, sudah lebih menyerupai manusia daripada kera, volume otaknya ± 1000 cc, sedang pada gorilla ± 600 cc dan pada manusia modern ± 1500 cc, subhuman yang lain adalah Homo neanderthalensis, makhluk ini hidup pada pertengahan akhir Pleistocene, ± 500.000 sampai 50.000 tahun yang lalu, orang beranggapan bahwa makhluk ini manusia primitif yang pertama. Secara tepat takdapat diketahui kapan manusia modern ini muncul, tetapi mungkin yang tertua adalah tengkorak Swanscombe yang umurnya 300.000 tahun dan mungkin sekali lebih tua lagi, yaitu sekitar 500.000 tahun yang lalu makhluk ini pun diduga berasal dari Pithecarthropus. Maunusia modern yang mengganti kan Homo neanderthalensis adalah manusia Cro-maguon yang hidup sekitar 50.000 - 20.000 tahun yang lalu.




Photobucket

About Sultan Budi Lenggono

Budi Lenggono, S.Pd. sebagai admin blog ini adalah seorang guru Biologi di SMA Islam Terpadu (SMA IT) Nur Hidayah. Alamat di Jl. Pandawa 10 Pucangan, Kartasura, Sukoharjo. Selain itu, beliau juga seorang trainer dan hipnoterapis profesional (Certified Hypnoterapist; Master of Clinical Hypnotherapy). Web lainnya : www.sultanbudilenggono.com
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

9 comments

  1. Siapakah yang terlebih dulu muncul di muka bumi ini antara hewan dan tumbuhan?? apabila hewan terlabih dulu lalu hewan makan apa sebelum tumbuhan ada? dan klau tumbuhan dulu apa faktor penyebab tumbuhnya tumbuhan pertama kali??jelaskan secara singkat!!

    BalasHapus
  2. menurut proses evolusi yang dikemukakan oleh darwis,manusia adalah bentuk evolusi dari kera,bagaimana proses terjadinya evolusi manusia menurutnya dari seekor kera yang lalu berubah menjadi manusia?
    (ridwan pratama XII IPA 1)

    BalasHapus
  3. mencoba menjawab pertanyaan mas Ridwan

    Teori evolusi dalam Sains Modern digambarkan sebagai teori yang menyatakan bahwa manusia berasal dari binatang ,khususnya dari binatang yang mirip manusia.Darwin dalam bukunya bertajuk "The Origin Of species"(Asal-Usul Jenis-Jenis Hewan ).Beliau mengutarakan satu alasan bahwa semua makhluk yang hidup adalah hasil dari proses evolusi dari satu atau beberapa nenek moyang.Teori beliau menumpukan perhatian kepada bagaimana bentuk hewan yang simpel berevolusi untuk menjadi bentuk yang kompleks.Beliau merumuskan pengalaman-pengalamannya bahawa semua jenis binatang berasal dari ameba,sejenis haiwan yang mempunyai satu sel.Bermakna beliau percaya bahwa pada mulanya Pencipta mencipta satu atau beberapa bentuk organisma yang simpel.Dengan proses pertarungan ,organisme yang kompleks telah dihasilkan ,yang penting disini ialah Darwin percaya bahawa organisme-organisme atau spesies-spesies yang kompleks berasal dari nenek moyang yang sama yaitu spesies yang simpel.

    BalasHapus
  4. Dzaki Fikri
    XII IPA-1

    mencoba menjawab pertanyaan sidiq, yang datang dahulu adalah tumbuhan, mereka tidak makan, mereka fotosintesis, tetapi mereka memecah tumbuhan(perintis) untuk di jadikan mineral, mereka bisa datang pertama kali melalui spora yang terbang di udara.

    BalasHapus
  5. Muh. Irfan Hakim XII...
    bentuk mereka berevolusi, tapi apakah organ-organ dalam tubuh mereka juga berevolusi seiring waktu??

    BalasHapus
  6. fauzi afnan XII ipa

    mencoba menjawab pertanyaan irfan .
    ya, karena makhluk hidup yang berevolusi pasti akan mengalami perubahan struktur tubuh maupun organ hal itu dapat dibuktikan dengan nenek moyang manusia yang mempunyai tubuh lebih besar dibanding pada masa sekarang .

    BalasHapus
  7. teori evolusi hasil karya temuan Charles Darwin telah terbantahkan oleh seorang ilmuwan islam yang berasal dari Turki, siapakah beliau??(jawablah beserta bantahan beliau)

    BalasHapus
  8. @Ahmad
    Ilmuwan muslim tersebut bernama Harun Yahya.
    Berikut sebagian bantahan beliau terhadap teori evolusi:
    Faktanya, temuan-temuan baru ilmu pengetahuan modern telah membuat teori evolusi, dogma abad ke-19 yang menjadi dasar pijakan segala bentuk ajaran kaum materialis, menjadi tidak berlaku lagi, sehingga ajaran ini - utamanya pandangan Karl Marx - benar-benar telah ambruk. Ilmu pengetahuan telah menolak dan akan tetap menolak hipotesis materialis yang tidak mengakui eksis-tensi apa pun kecuali materi. Dan ilmu pengetahuan menunjukkan bahwa segala yang ada merupakan hasil ciptaan sesuatu yang lebih tinggi.

    BalasHapus
  9. Bagaimana para ilmuwan membuat rancangan tubuh dari Australophitecus yang dikatakan mirip kera,padahal fosil yang ditemukan tidak lengkap seluruh rangka dari fosil Australophitecus?

    BalasHapus