Select Menu

Random post

Animalia

Evolusi

Genetika

Pertumbuhan Tumbuhan

info

» » » Evolusi (Bag. 1)

Evolusi ialah proses perubahan yang berlangsung sedikit demi sedikit dan memakan waktu yang lama.

Dikenal 2 macam evolusi:

1. Evolusi progresif :
evolusi meonju pada kemungkinan dapat bertahan hidup (survive).
2. Evolusi regresif (retrogreslf) :
evolusi menuju pada kemungkinan menjadi punah.

Teori evolusi merupakan perpaduan antara ide (gagasan) den fakta (kenyataan). Yang dianggap sebagai pencetus ide evolusi ialah Charles Darwin (1809-1892) yang menerbitkan buku mengenai asal mula spesies pada tahun 1859, dengan judul "On the ofiginof species by means of natural selection" atau "The preservation of favored races in the struggle for life".

Alfred Wallace (1823-1913) secara terpisah mengembangkan pemikirannya dan menghasilkan konsepsi yang sama dengan pendapat Charles Darwin.

Joseph Hooker, teman Charles Darwin menggabungkan tulisan Alfred Wallace den Charles Darwin. Judul kedua tulisan tersebut menjadi "On the tendency of species to from vafieties and on the perpetuation of vafieties and species by natural means of selection".

Yang dianggap mengilhami Charles Darwin dengan gagasan evolusinya adalah

1. Jean Baptiste Lamarck (ahli biologi Pera~uis, 1744-1829).
Yang idenya mengenai evolusi dituangkan dalam bukunya "Philosophic
Zoologique".

Inti isi buku tersebut :
1. Alam sekitar/lingkungan (environment) mempunyai pengaruh pada
ciri-ciri/sifat-sifat yang diwariskan.
2. Ciri-ciri/sifat-sifat yang didapat (auquired characters) akan
diwariskan kepada keturunannya.
3. Organ yang digunakan akan berkembang, sedan" yang tidak
digunakan akan mengalami kemunduran.

2. Sir Charles Lyell (ahli geologi Inggris, 1797-1875).
Yang menerbitkan buku mengenai prinsip-prinsip geologi "Principles
of Geology" (1830) menyatakan bahwa batuan, pulau-pulau dan
benua selalu mengalami perubahan.

3. Thomas Robert Mathus (ahli ekonomi den kependudukan Inggris).

Pro dan kontra tentang berbagai pendapat tentang masalah evolusi

1. Lamarck vs Weismann :
Weismann (biologiawan Jerman 1834-1912) menentang pendapat Lamarck mengenai diturunkannya sifat-sifat yang diperoleh.
Percobaannya : Dia mengawinkan 2 ekor tikus yang dipotong ekornya ternyata keturunannya tetap berekor panjang. Keadaan ini tetap berlangsung meskipun dilakukan sampai 20 generasi.

2. Lamarck vs Darwin :
Mereka berbeda pendapat mengenai "munculnya" jerapah berleher panjang.
Menurut Lamarck : semula jerapah berleher pendek karena makanan yang berupa daun makin berkurang maka dari generasi ke generasi leher jerapah semakin panjang untuk menjangkau daun yang semakin tinggi letaknya.
Menurut Darwin : dalam populasi jerapah ada yang berleher panjang dan berleher pendek. Dalam kompetisi mendapatkan makanan jerapah berleher panjang tetap bertahan hidup jerapah berleher pendek lenyap secara perlahan-lahan.

3. Spesiasi atau terjadinya spesies baru:
Ada pendapat spesies baru bisa terjadi dari spesies yang sudah ada karena interaksi antara faktor luar dan faktor dalam. Mekanismenya dapat dijelaskan dengan rumus :
F = G + L,
F = fenotip,
G = genotip,
L = lingkungan
maka bila F1 --> F2 --> F3 --> F4 --> F5 --> .............. F12, dimana F12 mungkin sudah jauh berbeda dengan F1 sehingga F12 dapat dinyatakan sebagai spesies baru.



Photobucket

About Sultan Budi Lenggono

Budi Lenggono, S.Pd. sebagai admin blog ini adalah seorang guru Biologi di SMA Islam Terpadu (SMA IT) Nur Hidayah. Alamat di Jl. Pandawa 10 Pucangan, Kartasura, Sukoharjo. Selain itu, beliau juga seorang trainer dan hipnoterapis profesional (Certified Hypnoterapist; Master of Clinical Hypnotherapy). Web lainnya : www.sultanbudilenggono.com
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

19 comments

  1. Menurut Charles Darwin evolusi manusia berasal dari kera menjadi manusia ( walaupun masih meragukan).Yang saya tanyakan, apakah evolusi manusia akan berhenti di sini ataukah evolusi manusia akan berjalan terus sampai waktu yang belum ditentukan?

    BalasHapus
  2. mencoba menjawab pertanyaan shidiq...
    dalam awal artikel telah dijelaskan adanya 2 proses evolusi,yaitu evolusi progresif dan evolusi regresif,jika sekarang manusia telah mengalami evolusi progresif,kemungkinan pada masa depan akan terjadi proses regresif,yaitu proses yang ada kemungkinan menjadi punah(tetapi semua itu belumlah pasti adanya,hanya Allahlah yang tahu)
    (ridwan pratama XII IPA 1)

    BalasHapus
  3. [fauzi afnan XII IPA 1]

    Faktor atau kejadian apa sajakah yang bisa menyebabkan adannya spesies baru ? dan banyaknya sekian makhluk hidup berikan contoh adannya spesies baru ?

    BalasHapus
  4. @Fauzi Afnan: faktor genetik dan lingkungan dapat menyebabkan terbentuknya spesies baru. Jika terjadi persilangan dari beberapa generasi dan faktor lingkungan ikut berpengaruh maka dapat terbentuk satu spesies yang berbeda dari nenek moyangnya. Spesies tersebut dapat disebut spesies baru. Namun, syaratnya spesies baru tersebut haruslah fertil (dapat menghasilkan keturunan). Contoh yang sekarang dapat diamati adalah variasi spesies burung dari nenek moyang burung Finch.

    BalasHapus
  5. muhammad fakhri XII IPA

    sejarah perkembangan individu dari zigot hingga dewasa dan mati di sebut apa dan tolong jelaskan

    BalasHapus
  6. ahmad hikmatiar XII IPA

    mencoba menjawab pertannyaan mas fakhri :)

    sejarah perkembangan individu dari zigot hingga dewasa dan mati di sebut ontogeni

    ontogeni adalah sejarah perkembangan individu mulai dari telur dibuahi (terbentuk zigot) hingga dewasa dan mati

    BalasHapus
  7. ahmmad hikmatiar XII IPA

    tolong jelaskan apa itu evolusi dan apa faktornya..

    BalasHapus
  8. muhammad fakhri XII IPA
    mencoba menjawab pertannyaan AHMAD

    evolusi merupakan suatu proses perubahan pada makhluk hidup yang berlangsung dari generasi ke generasi dengan sangat lambat dan lama

    evolusi terjadi karena, adanya mutasi, seleksi alam, dan perubahan fungsi gen

    BalasHapus
  9. Wiwit Setiaji, XII IPA

    Apakah hubungan antara substansi hidup dan bahan tak hidup dalam teori asal usul kehidupan?

    BalasHapus
  10. Dzaki Fikri
    XII IPA

    mencoba menjawab pertanyaan wiwit, menurut asal asul kehidupan hubungannya adalah jika suatu organisme mati organisme tersebut akan kembali menjadi atau bahan yang tidak hidup itu menunjukkan kesimpulan bahwa antara substansi hidup dan bahan tak hidup terdapat suatu hubungan.

    BalasHapus
  11. Dzaki Fikri
    XII IPA

    Pada saat ini terdapat fenomena tumbuhan setiap tahunnya mengalami penambahan ukuran dan berat, hal itu menimbulkan buat saya bagaimanakah tumbuhan dapat menambah substansi bagi pertumbuhannya?

    BalasHapus
  12. Wiwit Setiaji, XII IPA

    mencoba menjawab pertanyaan dzaki, kalau menurut saya hal itu di karenakan tumbuhan mengambil substansi dari tanah, sedangkan berdasarkan percobaan dari van helmon, menyatakan tanah bisa menjadi benda hidup, yaitu yang akan menjadikan substansi bagi tumbuhan.

    BalasHapus
  13. Wiwit setiaji XII IPA

    Apakah ada teori yang menyatakan bahwa kita itu diciptakan oleh zat yang maha dasyat atau Allah SWT ?

    BalasHapus
  14. Dzaki Fikri
    XII IPA

    mencoba menjawab pertanyaan wiwit, dalam Teori Kreativitas (Teori Ciptaan Khusus) di sebutkan bahwa samapai abad ke-19, ada suatu perkiraan bahwa makhluk hidup di ciptakan oleh kekuatan supra natural secara sekaligus atau dengan interval waktu tertentu. penciptaan setiap spesies atau setap jenis makhluk hidup terjadi secara terpisah. hal itu di luar keilmuan dan tidak berdasarkan hasil eksperimen, jadi teori itu ada, dan menurut saya kekuatan supra natural yang di maksudkan di sini adalah Alloh SWt, Pencipta kita..

    BalasHapus
  15. yang saya tahu Jerapah yang ada sekarang adalah jerapah yang berleher panjang, sedangkan menurut teori Evolusi, dahulu nenek moyang jerapah bervariasi ada yang berleher panjang, ada yang pendek. Bagaimana penjelasan tentang itu? dan itu termasuk ke teori revolusinya siapa?

    BalasHapus
  16. RALAT

    Dzaki Fikri
    XII IPA

    yang saya tahu Jerapah yang ada sekarang adalah jerapah yang berleher panjang, sedangkan menurut teori Evolusi, dahulu nenek moyang jerapah bervariasi ada yang berleher panjang, ada yang pendek. Bagaimana penjelasan tentang itu? dan itu termasuk ke teori revolusinya siapa?

    BalasHapus
  17. Muh. Irfan Hakim XII...
    seiring perkembangan zaman, apakah manusia dapat berevolusi?? jika iya apa penyebabnya??

    BalasHapus
  18. @Irfan
    Manusia tidak dapat berevolusi,seperti makhluk hidup lainnya,terbukti dengan ditemukannya fosil serangga yang usianya beberapa juta tahun yang lalu,masih sama dengan serangga yang ada pada zaman sekarang.

    BalasHapus
  19. Adakah fosil makhluk hidup yang menunjukkan terjadinya evolusi?

    BalasHapus