Select Menu

Random post

Animalia

Evolusi

Genetika

Pertumbuhan Tumbuhan

info

» » Dalam Rangka Ujian Praktik, Kelas XII IPA Membuat Yoghurt

Hari ini, Rabu (27 Februari 2013) siswa kelas XII IPA mengikuti ujian praktikum sebagai ujian akhir sekolah. Mereka membuat yoghurt sebagai aplikasi pembelajaran bioteknologi. Para siswa terlihat antusias dengan membawa alat dan bahan serta mengenakan jas praktikum. Dalam ujian ini, dua orang guru biologi, yaitu Budi Lenggono, S.Pd., CHt, MCH. dan Danik Margowati, S.Pd. menjadi penguji sekaligus penilainya.


Ujian praktik biologi ini terbagi menjadi dua sesi. Sesi pertama, jam 08.00 - 11.00 adalah giliran kelas XII A 1. Adapun sesi ke-2 merupakan giliran kelas XII A2 yang dilakukan pada jam 13.00 - 14.00.

Secara umum, pelaksanaan praktikum untuk sesi pertama berjalan lancar. Lain halnya dengan sesi kedua, sebagian besar kelompok mengalami kendala karena bahan yang digunakan mengalami kerusakan, yakni susu sudah tak layak guna. Akhirnya, diambillah solusi, perwakilan kelas membeli lagi bahan (susu) untuk segera mengganti bahan yang rusak.

Nah, yoghurt yang diproses tersebut akan ditunggu selama 8 jam selama masa inkubasi. Setelah itu, tiap kelompok akan menghentikan inkubasi dan yoghurt dipondahkan ke dalam termos es untuk mendinginkan suhu yoghurt.

About Sultan Budi Lenggono

Budi Lenggono, S.Pd. sebagai admin blog ini adalah seorang guru Biologi di SMA Islam Terpadu (SMA IT) Nur Hidayah. Alamat di Jl. Pandawa 10 Pucangan, Kartasura, Sukoharjo. Selain itu, beliau juga seorang trainer dan hipnoterapis profesional (Certified Hypnoterapist; Master of Clinical Hypnotherapy). Web lainnya : www.sultanbudilenggono.com
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar

Leave a Reply