Standar Kompetensi : 4. Memahami teori evolusi serta implikasinya pada Salingtemas.
Kompetensi Dasar: 4.1 Menjelaskan teori, prinsip,dan mekanisme evolusi biologi.
I. Pilihan Ganda
1. Cabang ilmu biologi yang mempelajari perubahan makhluk hidup secara perlahan dalam waktu yang panjang adalah ….
a. ekologi d. arkeologi
b. evolusi e. antropologi
c. palaentologi
2. Perhatikan pernyataan berikut!
1) Lingkungan berpengaruh pada terhadap proses evolusi organisme.
2) Makhluk hidup beradaptasi melalui organ tubuhnya.
3) Perubahan organ tubuh diwariskan kepada keturunannya.
4) Seleksi alam memacu kepunahan organisme.
Pernyataan yang berkaitan dengan teori Lamarck adalah ….
a. 1), 2), dan 3) d. 2) dan 4)
b. 1) dan 3) e. 4) saja
c. 2) saja
3. Teori evolusi Darwin yang berkaitan dengan teori Charles Lyell adalah ….
a. Umur dan keadaan fosil tidak selalu sama dengan umur batuan di tempat fosil ditemukan
b. Umur fosil sesuai dengan umur lapisan batuan tempat fosil ditemukan.
c. Proses evolusi tidak selalu ditentukan berdasarkan umur fosil.
d. Evolusi dapat ditentukan berdasarkan perubahan pada berbagai jenis batuan.
e. Fosil batuan bukan satu-satunya petunjuk adanya evolusi.
4. “Suatu struktur diperoleh, membesar, tereduksi, atau hilang melalui penggunaan dan penghentian penggunaan. Perubahan tersebut diturunkan pada generasi berikutnya.”
Pendapat tersebut diungkapkan oleh ….
a. Darwin d. Wallace
b. Mendel e. Oparin
c. Lamarck
5. Perhatikan pernyataan berikut!
1) Spesies sekarang berasal dari spesies dahulu.
2) Lingkungan berpengaruh pada sifat-sifat yang diwariskan.
3) Terbentuknya spesies karena seleksi alam.
4) Sifat-sifat yang didapat akan diwariskan pada keturunannya.
Pernyataan di atas yang merupakan pokok pikiran teori Darwin tentang seleksi alam yaitu ….
a. 1), 2), dan 3) d. 2) dan 4)
b. 3) saja e. 1) dan 3)
c. 4) saja
II. Isian
6. Seluruh makhluk hidup yang ada di alam merupakan hasil keturunan dari moyang yang sama dan mengalami modifikasi akibat seleksi alam adalah pendapat dari ........
7. Penjinakan hewan atau tumbuhan yang telah dilakukan manusia selama ribuan tahun untuk menghasilkan makanan lebih banyak atau lebih baik disebut ….
8. Mekanisme evolusi terjadi karena adanya ….
9. Munculnya spesies baru seperti burung finch yang ada di Kepulauan Galapagos dapat terjadi karena adanya ……
10. Jika dalam suatu individu di dalam kromosomnya mempunyai gen yang berubah dari aslinya, maka perubahan gen semacam ini disebut …..
KUNCI JAWABAN
1. Jawab : b
Evolusi adalah cabang ilmu biologi yang mempelajari perubahan makhluk hidup secara perlahan dalam waktu yang panjang.
Ekologi adalah cabang ilmu biologi yang mempelajari tentang lingkungan
Palaentologi cabang ilmu biologi yang mempelajari tentang
Arkeologi cabang ilmu biologi yang mempelajari tentang
Antropologi cabang ilmu biologi yang mempelajari tentang
2. Jawab : a
Seleksi alam memacu kepunahan organism merupakan teori yang dikemukakan oleh Darwin
3. Jawab : d
Teori Charles Lyell menyatakan bahwa proses-proses geologis ternyata mengikuti pola yang seragam, sehingga kecepatan dan pengaruh perubahan selalu seimbang dalam kurun waktu. Perubahan geologis ini dapat digunakan untuk mengukur usia fosil. Sementara itu, fosil dapat digunakan untuk membantu merekonstruksi kehidupan masa lalu.
4. Jawab : c
Pendapat di atas merupakan pendapat Lamarck yang tertuang dalam buku Philosophie Zoologique, dan berisi tentang sifat-sifat yang didapat akan diwariskan kepada keturunannya, organ yang digunakan akan berkembang sedang yang tidak digunakan akan mengalami kemunduran.
5. Jawab : e
Lingkungan berpengaruh pada sifat-sifat yang diwariskan (2) dan sifat-sifat yang didapat akan diwariskan pada keturunannya (4) merupakan teori evolusi Lamarck. Dengan demikian yang merupakan teori evolusi Darwin adalah nomor (1) dan (3).
6. Darwin
7. Domestikasi
8. Variasi genetika dan seleksi alam
9. Isolasi geografi
10. Mutasi
Kompetensi Dasar: 4.2 Mengomunikasikan hasil studi evolusi biologi.
I. Pilihan Ganda
1. Hal-hal berikut merupakan petunjuk evolusi, kecuali ….
a. fosil pada berbagai lapisan batuan
b. anatomi perbandingan yang bersifat analog
c. anatomi perbandingan yang bersifat homolog
d. embriologi perbandingan
e. perkawinan silang
2. Yang dimaksud struktur analog adalah …..
a. Struktur yang memiliki karakter anatomi dasar yang sama, asal evolusi yang sama, tetapi dapat digunakan untuk fungsi yang sama.
b. Struktur yang memiliki karakter anatomi dasar yang sama, asal evolusi yang berbeda, tetapi dapat digunakan untuk fungsi yang sama.
c. Struktur yang memiliki karakter anatomi dasar yang sama, asal evolusi yang berbeda, tetapi dapat digunakan untuk fungsi yang berbeda.
d. Struktur yang memiliki karakter anatomi dasar yang berbeda, asal evolusi yang berbeda, tetapi dapat digunakan untuk fungsi yang sama.
e. Struktur yang memiliki karakter anatomi dasar yang sama, asal evolusi yang sama, tetapi dapat digunakan untuk fungsi yang berbeda.
3. Beberapa contoh tentang analogi dan homologi sebagai berikut.
i. Sayap kupu-kupu dan sayap burung.
ii. Sayap kupu-kupu dan tangan manusia.
iii. Sayap burung dan tangan manusia.
iv. Sayap kelelawar dan sayap burung.
v. Kaki manusia dan kaki belakang kuda.
Pasangan organ tubuh yang termasuk organ homolog adalah …..
a. 1), dan 2)
b. 1) dan 5)
c. 2) dan 3)
d. 2) dan 4)
e. 4) dan 5)
4. Organ – organ tubuh manusia yang digunakan sebagai bukti adanya evolusi adalah ….
a. Tulang ekor dan umbai cacing
b. Tulang ekor dan jakun
c. Umbai cacing dan tulang rusuk
d. Rambut dada pada laki-laki dan tulang rusuk
e. Tulang ekor dan rambut pada daun telinga
5. Filogeni menjelaskan perkembangan makhluk hidup dalam evolusi, sedangkan ontogeni
mempersoalkan perkembangan zigot sampai dewasa, pernyataan berikut yang benar …
a. filogeni sangat bertentangan dengan ontogeny
b. filogeni sangat erat hubungannya dengan evolusi
c. filogeni merupakan rekapitulasi dari ontogeny
d. ontogeni sangat erat hubungannya dengan evolusi
e. ontogeni merupakan rekapitulasi dari filogeni
II. Isian
6. Bila ditinjau dari struktur dan fungsinya, maka sayap burung dan sirip paus merupakan contoh organ yang menunjukkan sifat …..
7. Urutan tahap perkembangan embrio hewan Vertebrata adalah ….
8. Fosil kuda yang paling tua yang ditemukan adalah ….
9. Organ yang ukuran dan kemunculannya tereduksi sehingga tidak berfungsi lagi disebut...
10. Bagian alat tubuh burung dan kelelawar yang dapat digunakan sebagai petunjuk adanya evolusi adalah …..
KUNCI JAWABAN
1. Jawaban : e
Perkawinan silang bukan merupakan petunjuk evolusi, tetapi salah satu cara pengembangan tanaman untuk meningkatkan kualitas tanaman sehingga akan diperoleh varietas yang unggul.
2. Jawaban : d
Analog merupakan organ yang struktur dasarnya berlainan, tetapi mempunyai fungsi yang sama. Jika struktur dasarnya berlainan, asal evolusinya berbeda. Akan tetapi, jika struktur dasarnya sama menunjukkan asal evolusinya juga sama. Organ yang memiliki struktur seperti ini disebut homolog.
3. Jawaban : c
Homolog merupakan organ-organ yang memiliki kesamaan struktur tetapi mempunyai fungsi yang berbeda. Contoh: sayap kupu-kupu dan tangan manusia serta sayap burung dan tangan manusia. Sementara itu, sayap kupu-kupu dan sayap burung, sayap kelelawar dan sayap burung, dan kaki manusia dan kaki belakang kuda merupakan contoh analog.
4. Jawaban : a
Organ – organ tubuh manusia yang digunakan sebagai bukti adanya evolusi diantaranya sebagai berikut.
a. Umbai cacing (appendix)
b. Selaput mata pada sudut mata sebelah dalam
c. Otot – otot pada sudut mata sebelah dalam
d. Otot – otot (penggerak) telinga
e. Tulang ekor
f. Gigi taring yang runcing
g. Rambut pada dada
h. Buah dada pada laki-laki
5. Jawab : e
Ontogeni adalah perkembangan individu mulai dari sel telur yang dibuahi hingga individu tersebut mati. Filogeni adalah proses perkembangan organisme dari filum yang paling sederhana hingga yang paling kompleks/ sempurna. Ontogeni merupakan filogeni yang dipersingkat, ontogeni merupakan ulangan (rekapitulasi) dari filogeni.
6. homolog
7. zigot – morula – blastula – gastrula
8. equus
9. struktur vestigial
10. struktur anatomi sayapnya
Kompetensi Dasar: 4.3 Mendeskripsikan kecenderungan baru tentang teori evolusi.
I. Pilihan Ganda
1. Teori generatio spontanea merupakan teori klasik yang menjelaskan bahwa ….
a. makhluk hidup berasal dari makhluk hidup
b. makhluk hidup berasal dari makhluk tak hidup
c. omne vivum ex ovo
d. omne ovum ex vivo
e. omne vivum ex vivo
2. Perhatikan beberapa tujuan tujuan berikut!
1) Mencegah air kaldu berhubungan dengan lingkungan.
2) Mencegah masuknya udara luar ke dalam labu.
3) Mencegah pertumbuhan bakteri di dalam labu.
4) Menghalangi mikroorganisme masuk ke dalam air kaldu.
Pada percobaannya, Pasteur menggunakan labu yang berbentuk leher angsa. Labu ini dibuat demikian bertujuan untuk ….
a. 1), 2), dan 3)
b. 1) dan 3)
c. 2) dan 4)
d. 4) saja
e. Semua benar
3. Salah satu teori asal usul kehidupan adalah yaitu teori evolusi kimia.
Dasar yang digunakan untuk menyusun teori tersebut adalah ….
a. Keadaan atmosfer bumi kaya akan gas – gas H2, CH3, NH3, dan H2O yang kemudian saling bereaksi membentuk asam amino.
b. Hasil pengamatan dan perhitungan yang dapat digunakan untuk menjelaskan suatu gejala kehidupan muncul.
c. Aktivitas hidup pada hakikatnya merupakan gejala perubahan kimia yang terjadi di dalam tubuh makhluk.
d. Asam amino merupakan bahan dasar protein dan protein merupakan bahan pokok penyusun substansi kehidupan.
e. Makhluk berevolusi dari bentuk sederhana ke bentuk yang lebih kompleks.
4. Perhatikan tokoh-tokoh berikut!
1) A. Oparin 3) Haroid Uray
2) L. Spallanzani 4) L. Pasteur
Dalam usaha untuk membantah teori generatio spontanea, ada beberapa ilmuwan yang melakukan percobaan melalui proses sterilisasi. Ilmuwan tersebut yaitu …
a. 1), 2), dan 3)
b. 1) dan 3)
c. 2) dan 4)
d. 4) saja
e. Semua benar
5. Stanley Miller melakukan percobaan berdasarkan hipotesis dari Oparin. Percobaan tersebut menghasilkan kesimpulan bahwa ….
a. Reaksi zat-zat anorganik purba dapat menghasilkan sel prokariotik sederhana.
b. Zat organic jika direaksikan dalam kondisi purba dapat menghasilkan sel prokariotik sederhana.
c. Mekanisme perubahan zat anorganik menjadi zat organic sebagai bahan dasar makhluk hidup.
d. Reaksi zat organic purba dapat menghasilkan beberapa zat.
e. Reaksi zat anorganik purba dapat menghasilkan beberapa protein sederhana.
II. Isian
6. Kesimpulan dari Uji coba yang dilakukan oleh Francesco Redi yaitu ….
7. Stanlley Miller menggunakan campuran gas NH3, CH4, H2 dan H2O dalam percobaannya. Dari hasil percobannya tersebut Stanlley Miller dapat membuktikan bahwa...
8. Menurut Harold Urey, zat organik terbentuk dari zat-zat anorganik. Zat organik yang terbentuk adalah ….
9. Kesimpulan dari sebuah percobaan :” Larva bukan berasal dari daging yang membusuk melainkan dari lalat yang hinggap di daging “. Ini merupakan kesimpulan dari percobaan yang dilakukan oleh . . .
10. Sel yang pertama kali terbentuk adalah …..
KUNCI JAWABAN
1. Jawaban : b
Teori generatio spontanea atau teori abiogenesis klasik menjelaskan bahwa asal mula makhluk hidup berasal dari benda mati. Sementara itu, makhluk hidup berasal dari makhluk hidup merupakan teori biogenesis. Teori ini memiliki tiga semboyan yaitu omne vivum ex ovo, omne ovum ex vivo, omne vivum ex vivo.
2. Jawaban : d
Penggunaan labu berbentuk leher angsa bertujuan untuk mencegah mikroorganisme yang ada di udara masuk ke dalam air kaldu. Uap air hasil pemanasan air kaldu akan berada di leher labu. Uap air ini menjadi penghalang mikroorganisme di udara masuk ke air kaldu.
3. Menurut Oparin dan Haldane, atmosfer bumi pada zaman purba memiliki kecenderungan mensintesis senyawa organic dari molekul anorganik purba, yaitu metana (CH4), hydrogen (H2), ammonia (NH3), dan air (H2O).
4. Jawaban : c
Proses sterilisasi atau pemanasan di atas api, bertujuan untuk mematikan mikroorganisme dalam sediaan percobaan. Percobaan ini dilakukan oleh Lazzaro Spallanzani dan Louis Pasteur untuk membantah teori generatio spontanea (makhluk hidup muncul secara tiba-tiba dari benda mati). Sementara itu, Oparin dan Harold Urey merupakan tokoh abiogenesis modern.
5. Jawaban : e
Percobaan Miller pada dasarnya menggunakan syarat-syarat kondisi atmosfer purba untuk membentuk senyawa arganik sederhana dari zat – zat anorganik (molekul air, metana, amoniak, hydrogen, serta sianida). Jadi, zat-zat yang digunakan bukan zat-zat organic. Zat-zat organic sederhana yang terbentuk berupa asam amino yang merupakan precursor protein.
6. Makhluk hidup bukan berasal dari benda mati, tetapi berasal dari makhluk hidup juga
7. Asam amino merupakan substansi dasar semua kehidupan
8. adenin , sitosin, guanin, dan timin
9. Francesco Redi
10. Sel prokariotik
Random post
Animalia
Evolusi
Genetika
Pertumbuhan Tumbuhan
info
Tagged with: Evolusi Soal Kls XII
About Sultan Budi Lenggono
Budi Lenggono, S.Pd. sebagai admin blog ini adalah seorang guru Biologi di SMA Islam Terpadu (SMA IT) Nur Hidayah. Alamat di Jl. Pandawa 10 Pucangan, Kartasura, Sukoharjo. Selain itu, beliau juga seorang trainer dan hipnoterapis profesional (Certified Hypnoterapist; Master of Clinical Hypnotherapy). Web lainnya : www.sultanbudilenggono.com
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar