Select Menu

Random post

Animalia

Evolusi

Genetika

Pertumbuhan Tumbuhan

info

» » Metode Belajar Mengajar: Diskusi dan Permainan

Pada beberapa pertemuan KBM yang lalu, siswa kelas XII IPA 2 belajar macam-macam hormon tumbuhan dengan metode diskusi dan permainan. Saat itu guru (admin blog ini) memfasilitasi mereka dengan membagikan kartu berisi nama hormon dan satu fungsinya. Bagaimana cara permainannya?


Persiapan
Guru menyesuaikan jumlah kartu dengan jumlah siswa. Misalnya, dalam hal ini siswa XII A2 berjumlah 22 orang. Hormon yang akan dimainkan ada 5. Jadi, 22 siswa dibagi 5 hormon menjadi 4 sisa 2. Ini artinya, guru menyiapkan 22 kartu yang terdiri atas :
1) Hormon auksin sebanyak 4 kartu + 1 kartu = 5 kartu
2) Hormon sitokinin sebanyak 4 kartu + 1 kartu = 5 kartu
3) Hormon giberelin sebanyak 4 kartu
4) Hormon etilen sebanyak 4 kartu, dan
5) Hormon asam absisat (ABA) sebanyak 4 kartu
Ingat, satu kartu berisi satu nama hormon dan satu fungsi.

Cara Bermain

Pertama, guru membagikan kartu secara acak (kartu dikocok terlebih dahulu) kepada siswa. Setiap siswa memegang satu buah kartu. Ini artinya, setiap siswa mendapat satu nama hormon berikut satu fungsinya.
Kedua, siswa dipersilakan membuka kartu masing-masing dan berkelompok sesuai nama hormon.
Ketiga, masing-masing kelompok memberi nama kelompok sesuai dengan nama hormon. Misalnya kelompok auksin dan kelompok sitokinin.
Keempat, di dalam kelompok masing-masing siswa menghafal nama dan fungsi sesuai yang tertulis di kartu.
Kelima, di dalam kelompok setiap siswa saling memperkenalkan diri dengan menyebutkan nama hormon terlebih dahulu lalu diikuti nama fungsinya. Aturan main di sini, saat berkenalan kartu harus sudah ditutup.
Keenam, pastikan setiap anggota kelompok telah hafal seluruh fungsi hormon dalam kartu-kartu tersebut.
Ketujuh, jika telah hafal semua (dibutuhkan waktu sekitar 10 menit) maka masing-masing kelompok  mempersiapkan utusan untuk dikirim ke kelompok lain. Misalnya, kelompok etilen ada 4 orang: 1 ke K. Auksin, 2 ke K. Sitokinin, 3 ke K. Giberelin, dan 4 ke K. ABA.
Kedelapan, terbentuklah kelompok baru berisi campuran dari berbagai kelompok. Masing-masing berkenalan.
Kesembilan, semua siswa kembali ke kelompok asal. Lalu, saling menyampaikan hasil perkenalan. Pastikan setiap siswa telah menghafal semua nama hormon dan fungsinya sesuai yang diperoleh melalui permainan ini.

Efek Samping Positif
Siswa berinteraksi satu sama lain dan saling berdiskusi
Siswa antusias belajar
Hal ini telah kami laksanakan. Siswa terlihat antusias mengikuti permainan ini. Permainan ini sempat terhenti karena jam yang tersedia sudah habis. Akhirnya disambung di pertemuan berikutnya. Walaupun demikian, di pertemuan lanjutan siswa masih antusias dan permainan berlanjut sesuai aturan. Setelah dilakukan evaluasi, semua kelompok mendapatkan nilai terbaik dan tidak ada kelompok yang kalah dalam adu skor hafalan nama dan fungsi hormon tumbuhan yang dimainkan.

Nah, bagi sobat biomania rekan-rekan guru biologi, selamat mencoba permainan ini. Dan, bagi sobat biomania kalangan siswa di mana pun anda berada, permainan ini dapat anda lakukan sendiri dengan beberapa teman di sekolah. Anda hanya melakukan beberapa penyesuaian. Selamat belajar dengan bermain!

About Sultan Budi Lenggono

Budi Lenggono, S.Pd. sebagai admin blog ini adalah seorang guru Biologi di SMA Islam Terpadu (SMA IT) Nur Hidayah. Alamat di Jl. Pandawa 10 Pucangan, Kartasura, Sukoharjo. Selain itu, beliau juga seorang trainer dan hipnoterapis profesional (Certified Hypnoterapist; Master of Clinical Hypnotherapy). Web lainnya : www.sultanbudilenggono.com
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar

Leave a Reply