Select Menu

Random post

Animalia

Evolusi

Genetika

Pertumbuhan Tumbuhan

info

» » » Perkembangan Bioteknologi

Bioteknologi sudah ada sejak 10.000 tahun yang lalu. Mikroorganisme sudah digunakan orang dalam pembuatan bir, cuka, yoghurt, dan keju. Pada zaman romawi, anggur sudah dikenal orang. Pembuatan bahan kimia pertama dengan menggunakan mikroorganisme dilakukan pada abad ke-14, yaitu pada pembuatan etanol. Industri fermentasi modern dikenal sejak perang dunia I, yaitu produksi dalam skala besar berbagai bahan kimia, seperti gliserol dengan menggunakanm ragi, aseton-butanol dengan menggunakan bakteri Clostridium acetobutilicum dan asam sitrat dengan menggunakan jamur Aspergillus niger. Fermentasi semi kontinu mulai dikenal selama perang dunia II. Perang dunia II memicu orang untuk meningkatkan produksi anti bioik penisilin. Produksi penisillin berhasil ditingkatkan dengan memperbaiki galur jamur yang digunakan dan mengembangkan teknologi fermentasi dalam skala besar. Pencarian antibiotik lain dari berbagai mikroorganisme lain juga terus dilakukan. Sesudah tahu 1960-an, kultur sel hewan dalam skala besar mulai digunakan dalam pembuatan vaksin dan pembuatan obat seperti ionterferon.


Berbeda dengan kultur mikroorganisme, kultur sel tidak dapat tumbuh sebagai suspensi tetapi memerlukan suatu permukaan tempat melekatnya sel hewan. Pada tahun 1970-an berhasil dibuat hibridoma, yaitu hasil fusi sel tumor denagn sel limfosit penghasil antibodi. Masing-masing sel hibridoma menghasilkan antibodi monoklonal, yaitu antibodi terhadap bagian spesifik dari suatu protein. Antibodi monoklonal banyak digunakan dalam diagnostik, terapi terhadap suatu penyakit dan proses pemurnian protein. Kultur sel tumbuhan dapat diregenerasi menjadi tanaman baru. Dari suatu kultur sel tumbuhan dapat dihasilkan ratusan tanaman baru. Sel yang bebas dari virus dapat diisolasi dan dikulturkan sehingga dapat dihasilkan tanaman yang bebas virus dan ini dapat meningkatkan produksi.

Pada tahun 1980-an, bioteknologi berkembang secara pesat akibat munculnya teknologi DNA rekombinan yang memberi kemampuan bagi manusia untuk memotong dan menyambung kembali molekul DNA secara in-vitro. Dengan demikian gen yang berasal dari suatu spesies dapat dipindahkan ke spesies lain. Dengan teknologi DNA rekombinan, bakteri Escherichia coli dapat digunakan untuk memproduksi hormon manusia dalam skala besar. Hewan dan tumbuhan dapat dimodifikasi dengan menambahkan gen yang berasal dari spesies lain sehingga diperoleh hewan atau tumbuhan transgenik.  Aplikasi komersial pertama dari teknologi DNA rekombinan adalah produksi protein skala besar oleh bakteri, seperti protein yang berupa hormon dan enzim. Kemudian produksi molekul kecil dapat dilakukan dengan mengklon gen-gen yang terlibat dalam biosintesis molekul tersebut dalam satu fragmen DNA. Penggunaan DNA dengan teknik Polymerase Chain Reaction (PCR) yang dikembangkan sejak akhir tahun 1980-an, memungkinkan orang untuk mengisolasi fragmen DNA tertentu dari satu sel kemudian dilipatgandakan misalnya sel yang terdapat ujung rambut, bercak darah kering atau fosil yang berumur ribuan tahun. Teknik ini dapat dimanfaatkan untuk mendiagnosis penyakit dan mencari bukti kejahatan pada ilmu forensik.

Tabel Perkembangan Sejarah Bioteknologi Molekuler

Tahun
Peristiwa
1917
1943
1944

1953
1961

1961-1966
1970
1972

1973

1975

1976

1978

1980

1981

1981

1982


1983

1988

1988
1990
Karl ereky memperkenalkan istilah bioteknologi
Penisilin diproduksi dalam skala industri
Avery, Mac Leod, Mc Carty mendemoonstrasikan bahwa DNA adalah bahan genetik
Watson dan Crik menentukan struktur DNA
Jurnal  Biotechnology and bioengineering ditetapkan
Seluruh sandi genetik terungkap
Enzim restriksi endonuklease pertama kali diisolasi
Khorana dan kawan-kawan berhasil mensintesis secara kimiawi seluruh gen DNA
Boyer dan Cohen memaparkan teknologi DNA rekombinan
Kohler dan Milstein menjabarkan produksi antibodi monoklonal
Perkembangan teknik-teknik untuk menentukan sekuen DNA
Genentech menghasilkan insulin manusia dalam E.coli
US Spreme Court: mikroorganisme hasil manipulasi dapat dipatenkan
Untuk pertama kalinya automated DNA synthesizers dijual secara komersial
Untuk pertama kalinya kit diagnostik berdasarkan antibodi disetujui untuk dipakai di Amerika Serikat
Untuk peratma kalinya vaksin hewan hasil teknologi DNA rekombinan disetujui pemakaiannya di Eropa
Plasmid Ti hasil rekayasa genetik dipakai untuk transformasi tanaman
US Patent diberikan untuk mencit hasil rekayasa sehingga rentan terhadap kanker
Metode polymerase Chain Reaction dipublikasikan
USA: telah disetuji percoban terapi gen sel somatik pada manusia


Photobucket

About Sultan Budi Lenggono

Budi Lenggono, S.Pd. sebagai admin blog ini adalah seorang guru Biologi di SMA Islam Terpadu (SMA IT) Nur Hidayah. Alamat di Jl. Pandawa 10 Pucangan, Kartasura, Sukoharjo. Selain itu, beliau juga seorang trainer dan hipnoterapis profesional (Certified Hypnoterapist; Master of Clinical Hypnotherapy). Web lainnya : www.sultanbudilenggono.com
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

19 comments

  1. Adakah etika-etika atau nilai moral yang harus kita patuhi apabila kita melakukan suatu proses bioteknologi?

    BalasHapus
  2. mencoba menjawab pertanyaan shidiq...
    dalam melakukan proses bioteknologi haruslah memperhatikan alam sekitar yang dimanfaatkan sebagai sumber energi yang kita ambil,walaupun dapat diperbaharui,jika manusia mengambilnya tanpa mempedulikan keseimbangan alam disekitarnya maka dapat menyebabkan kepunahan/ketidak seimbangan alam(ridwan pratama XII IPA 1)

    BalasHapus
  3. Apakah kegunaan Penisilin dari hasil bioteknologi?

    BalasHapus
  4. menjoba menjawab pertanyaan mas Toni..

    Kegunaan Klinis Penicillin

    1. Pengobatan terhadap penyakit infeksi oleh kuman-kuman klostridiaTerhadap infeksi kuman Cl. welchii kurang efektif,
    2. pengobatan anthrax (Bac.anthracis)

    3. pengobatan erysipelas babi (Erisipilothrix rhusiopathiae)

    4. Infeksi Corynebacterium renale, yang menyebabkan pielonefritis,

    5. Untuk pengobatan lumpy jaw (aktinomikosis oleh Actinomyces bovis) pada sapi.

    6. untuk pengobatan wooden tongue (actinobacillus lignieresi) pada sapi

    7. infeksi leptospira, penicillin dikombinasikan dengan strptomisin.

    BalasHapus
  5. Dzaki Fikri
    XII IPA-1

    Sebetulnya bioteknologi ini kegunaannya untuk kehidupan apa? lalu apa hubungannya dengan bioteknologi?

    BalasHapus
  6. Ralat

    Dzaki Fikri
    XII IPA-1

    Sebetulnya bioteknologi ini kegunaannya untuk kehidupan apa? lalu apa hubungannya mikroorganisme dengan bioteknologi?

    BalasHapus
  7. Mencoba menjawab pertanyaan dzaki, Bioteknologi sangat membantu untuk kehidupan manusia, karena dia bersifat membuat hal baru atau teknologi dengan ilmu biologi. sedangkan hubungannya dengan mikroorganisme adalah sebagian mikroorganisme ada yang membantu dalam proses pembuatan bioteknologi, contohnya pembuatan tempe, dll.

    BalasHapus
  8. Ralat

    Wiwit Setiaji, XII IPA.
    Mencoba menjawab pertanyaan dzaki, Bioteknologi sangat membantu untuk kehidupan manusia, karena dia bersifat membuat hal baru atau teknologi dengan ilmu biologi. sedangkan hubungannya dengan mikroorganisme adalah sebagian mikroorganisme ada yang membantu dalam proses pembuatan bioteknologi, contohnya pembuatan tempe, dll.

    BalasHapus
  9. Wiwit Setiaji, XII IPA

    Apakah produk atau jasa yang di hasilkan dari pemanfaatan bioteknologi dalam bidang kedokteran?

    BalasHapus
  10. Dzaki Fikri
    XII IPA - 1

    mencoba menjawab pertanyaan wiwit, produk atau jasa yang di hasilkan untuk bidang kedokteran adalah antibiotik, vaksin, vitamin, steroid, hormon, alkoloid, antibodi, interveron, inhibitor enzim, pereaksi untuk diagnostik.

    BalasHapus
  11. Dzaki Fikri
    XII IPA-1

    Apakah 3 hal prinsip pokok yang ada di bioteknologi? tolong jelaskan!

    BalasHapus
  12. Wiwiwt Setiaji, XII IPA

    mencoba menjawab pertanyaan dzaki, ada 3 hal yaitu, pertama agen biologi yang merupakan mikroorganisme, enzim, sel hewan dan tumbuhan ; kedua pendaya gunaan secara teknologi dan industrial ; ketiga produk jasa yang di peroleh.

    BalasHapus
  13. Muh. Irfan Hakim XII...
    apakah automail dapat dibuat dengan prinsip bioteknologi?? jika bisa, bagaimana cara menghubungkan saraf dengan mesin tersebut?? (terlalu imajinatif)

    BalasHapus
  14. fauzi afnan XII ipa

    Apa saja dampak buruk yang dapat dihasilkan pada penerapan bioteknologi ? dan sebutkan contoh peristiwa nyata yang sudah terjadi ?

    BalasHapus
  15. mencoba mencoba menjawab pertanyaan mas Afnan

    Dampak Negatif Bioteknologi
    Bioteknologi, seperti juga perkembangan ilmu biologi lain, mengandung resiko akan dampak negatif. Timbulnya dampak yang merugikan terhadap keanekaragaman hayati disebabkan oleh potensi terjadinya aliran gen ketanaman sekarabat atau kerabat dekat. Di bidang kesehatan manusia terdapat kemungkinan produk gen asaing, seperti, gen cry dari bacillus thuringiensis maupun bacillus sphaeericus, dapat menimbulkan reaksi alergi pada tubuh mausia, perlu di cermati pula bahwa insersi ( penyisipan ) gen asibg ke genom inag dapat menimbulkan interaksi anatar gen asing dan inang produk bahan pertanian dan kimia yang menggunakan bioteknologi.
    Dampak lain yang dapat ditimbulkan oleh bioteknologi adalah persaingan internasional dalam perdagangan dan pemasaran produk bioteknologi. Persaingan tersebut dapat menimbulkan ketidakadilan bagi negara berkembang karena belum memiliki teknologi yang maju, Kesenjangan teknologi yang sangat jauh tersebut disebabkan karena bioteknologi modern sangat mahal sehingga sulit dikembangkan oleh negara berkembang. Ketidakadilan, misalnya, sangat terasa dalam produk pertanian transgenik yang sangat merugikan bagi agraris berkembang. Hak paten yang dimiliki produsen organisme transgenik juga semakin menambah dominasi negara maju.

    BalasHapus
  16. apa dampak positif yang terdapat pada penerapan bioteknologi??

    BalasHapus
  17. Dzaki Fikri
    XII IPA-03

    Mencoba menjawab pertanyaan mas Ahmad, kalau menurut say sendiri dampak positifnya ada beberapa,
    1. Membantu dalam menemukan dan mengembangkan bahan kebutuhan pokok manusia, seperti bahan makanan, pakaian, peralatan dan perumahan serta energi.
    2. Menemukan berbagai penyebab dan pengobatan berbagai macam penyakit, baik pada manusia hewan, maupun tumbuhan
    3. Penemuan bibit unggul, baik hewan ternak maupun tanaman pertanian yang membantu menyelesaikan masalah pangan.
    4. Menyingkap rahasia proses-proses kehidupan, pewarisan sifat, dan gen sehingga dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari – hari.
    5. Mengkaji dan melestarikan seluk beluk lingkungan lebih dalam dengan tujuan untuk kelestarian kehidupan.
    6. Pengolahan limbah rumah tangga dan industri yang lebih ramah lingkungan dengan menggunakan organisme pengolah limbah yang telah ditemukan.

    BalasHapus
  18. @Irfan
    Automail atau teknologi tubuh artifisial telah lahir.Misalnya lengan buatan yang sama-sama kuat dengan yang asli. Dikembangkan oleh Dr. Todd Kuiken daro Rehabilitation Institute of Chicago,tangan bionik ini terhubung ke otak dengan saraf motorik. Saraf ini terkoneksi ke area lain dalam tubuh seperti dada, dimana impulsnya bisa diterima elektroda dalam lengan buatan. Jika pasien ingin menggerakkan tangannya, saraf mengirimkan sinyal ke tangan asli dan mengirimkannya ke lengan buatan. Kini teknologi masih dalam penyempurnaan.

    BalasHapus
  19. apakah sudahada ilmuwan muslim yang menemukan bahkan mempraktekkan bioteknologi??

    BalasHapus