Select Menu

Random post

Animalia

Evolusi

Genetika

Pertumbuhan Tumbuhan

info

» » » Hereditas (bag. 9)

Gen Letal

Gen letal adalah gen yang menyebabkan kematian individu, baik ketika masih embrio, setelah lahir, ataupun setelah dewasa. Gen letal yang menyebabkan kematian saat individu menjelang dewasa disebut gen sub letal. Gen letal muncul pada keadaan homozigot, yang dapat terjadi pada homozigot dominan atau homozigot resesif. Contoh gen letal dominan dan resesif di antaranya sebagai berikut.

a. Gen letal dominan
Gen letal dominan menyebabkan kematian pada keadaan homozigot dominan. Pada keadaan heterozigot, umumnya penderita hanya mengalami kelainan. Contoh gen letal dominan adalah pada ayam redep. Ayam redep adalah ayam yang memiliki kaki dan sayap pendek. Dalam keadaan homozigot dominan, ayam mati. Jika heterozigot, ayam hidup tetapi memiliki kelainan pada kaki dan sayap pendek. Sedangkan homozigot resesif ayam normal. Perhatikan contoh persilangan pada ayam berikut.

Rasio fenotip Letal : redep : normal = 1 : 2 : 1
Rasio perbandingan tersebut menyimpang dari rasio perkawinan monohibrid

b. Gen letal resesif
Gen letal resesif menyebabkan kematian jika berada dalam keadaan homozigot resesif. Pada keadaan heterozigot individu normal tetapi pembawa (carier) gen letal. Perhatikan contoh persilangan pada jagung berikut.




Photobucket

About Sultan Budi Lenggono

Budi Lenggono, S.Pd. sebagai admin blog ini adalah seorang guru Biologi di SMA Islam Terpadu (SMA IT) Nur Hidayah. Alamat di Jl. Pandawa 10 Pucangan, Kartasura, Sukoharjo. Selain itu, beliau juga seorang trainer dan hipnoterapis profesional (Certified Hypnoterapist; Master of Clinical Hypnotherapy). Web lainnya : www.sultanbudilenggono.com
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

9 comments

  1. Bagaimana cara mendeteksi dan mengeliminir gen-gen letal??

    BalasHapus
  2. apakah gen letal terdapat pada semua makhluk hidup?
    (ridwan pratama XII IPA 1)

    BalasHapus
  3. [fauzi afnan XII IPA 1]

    Mencoba menjawab pertanyaan shidiq .
    gen-gen letal dapat dihilangkan atau dieliminir dengan jalan mengadakan perkawinan berulang kali pada individu yang menderita cacat akibat adanya gen letal.

    BalasHapus
  4. Muh. Irfan Hakim XII...
    jika gen letal dalam keadaan resesif, bagaimana agar gen letal tersebut dapat diubah menjadi dominan sehingga tidak terjadi kematian??

    BalasHapus
  5. mencoba menjawab pertanyaan mas Ridwan...

    semua makhluk hidup bisa memiliki gen letal apabila kondisi makhluk hidup tersebut sedang dalam keadaan homozigotik namun keadaan ini membuat individu yang mengalaminya menjadi mati.

    BalasHapus
  6. mencoba menjawab pertanyaan mas Irfan

    gen letal terbagi 2, yaitu gen letal dominan dan gen letal resesif. jika suatu individu mengalami atau memiliki gen letal dominan maka dapat dipastikan individu tersebut akan mati. sedangkan jika suatu makhluk memiliki gen letal maka individu tersebut masih bisa hidup tetapi ia akan mengalami kecacatan.

    BalasHapus
  7. Berapa jumlah kromatid pada oosit skunder kera?

    BalasHapus
  8. @Dadang
    Kera memiliki 48 kromosom (2n).Jika terjadi oogenesis maka jumlah oosit skundernya adalah 24 buah

    BalasHapus
  9. Apakah gen letal itu??

    BalasHapus