Select Menu

Random post

Animalia

Evolusi

Genetika

Pertumbuhan Tumbuhan

info

» » » Hereditas (Bag. 4)

Prinsip Hereditas dalam Pewarisan Sifat

1. Hereditas menurut Mendel
Fenomena pewarisan sifat-sifat genetik dari induk kepada anaknya disebut hereditas. Penurunan sifat dari parental (induk) terhadap anaknya tersebut mengikuti suatu aturan tertentu yang dikenal dengan pola-pola hereditas.
Gregor Johann Mendel (1822-1884) melakukan penelitian tentang pewarisan sifat dari induk terhadap keturunannya dengan menggunakan tanaman kacang ercis (Pisum sativum). Alasan pemilihan kacang ercis sebagai tanaman percobaan di antaranya karena tanaman ini berumur pendek, mudah dipelihara, dapat melakukan penyerbukan sendiri, dapat melakukan penyerbukan silang, dan mempunyai sifat-sifat yang memperlihatkan perbedaan yang berlawanan satu sama lain. Misalnya, bentuk biji, warna biji, warna buah, dan warna kulit.

a. Persilangan Monohibrid
Persilangan monohibrid merupakan persilangan antara dua tanaman yang memiliki satu sifat beda. Terdapat dua macam persilangan monohibrid, yaitu sifat dominansi penuh dan intemediet.

1) Dominasi Penuh
Perhatikan contoh persilangan monohibrid berikut. Induk atau parental (P) buah manis disilangkan dengan buah asam. Keturunan atau filial pertama (F) yang dihasilkan adalah buah yang seluruhnya berasa manis. Dengan demikian, rasa manis dominan terhadap rasa asam.

Hukum Mendel I (Hukum Segregasi)
Pada pembentukan gamet, gen yang merupakan pasangan akan disegregasikan (dipisahkan) ke dalam dua sel anak.

2) Sifat Intermediet
Mendel pernah melakukan persilangan antara tanaman Antirrhinum majus yang bunganya berwarna merah (MM) dan bunga berwarna putih (mm). Ternyata, pada keturunan pertama (Fl) yang muncul semuanya berwarna merah muda (Mm). Kemudian, ketika dilakukan persilangan kembali antara sesamanya, dihasilkan perbandingan untuk F2, yaitu 25% merah (MM), 50% merah muda (Mm), dan 25% putih (mm). Berdasarkan persilangan ini ternyata sifat merah tidak dominan penuh terhadap putih, melainkan bersifat intermediet (kodominan).

3) Back Cross (Persilangan Balik)
Back cross adalah persilangan antara F1 dan salah satu parentalnya, baik yang bersifat homozigot dominan maupun homozigot resesif. Persilangan ini dilakukan untuk mengetahui genotipe parental.

4) Test Cross (Uji Silang)
Test Cross dilakukan untuk mengetahui suatu genotipe Fl bersifat homozigot (galur murni) atau heterozigot. Test Cross dilakukan dengan cara menyilangkan individu F1 dengan induknya yang homozigot resesif.

b. Persilangan Dihibrid
Persilangan dihibrid merupakan persilangan dengan dua sifat beda. Diagram persilangan dihibrid pada tanaman ercis dengan menggunakan sistem garpu dapat digambarkan sebagai berikut.


Dari persilangan tersebut didapatkan perbandingan fenotipe B.K. (Bulat kuning) : B.kk (Bulat hijau) : bbK. (Keriput kuning) : bbkk (Keriput hijau) = 9 : 3: 3 : 1. Tanda titik (.) yang digunakan di sini menunjukkan bahwa gen tersebut dapat bersifat dominan ataupun resesif.

Hukum Mendel II (Hukum Pemisahan Bebas)
Apabila ada dua individu yang berbeda memiliki dua atau lebih pasang sifat yang berbeda, penurunan sifat yang sepasang tidak bergantung pada pasangan sifat yang lain.


Photobucket

About Sultan Budi Lenggono

Budi Lenggono, S.Pd. sebagai admin blog ini adalah seorang guru Biologi di SMA Islam Terpadu (SMA IT) Nur Hidayah. Alamat di Jl. Pandawa 10 Pucangan, Kartasura, Sukoharjo. Selain itu, beliau juga seorang trainer dan hipnoterapis profesional (Certified Hypnoterapist; Master of Clinical Hypnotherapy). Web lainnya : www.sultanbudilenggono.com
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

36 comments

  1. [Mahmud Nur Kholis-XII IPA]
    Bagaimana cara mengetahui suatu galur murni?

    BalasHapus
  2. [Mahmud Nur Kholis-XII IPA]
    Jika seorang bayi lahir dari ibu penderita kanker, apakah bayi tersebut mempunyai probabilitas terkena kanker yang tinggi? Sementara kata Prof. Hiromi Sinya dalam bukunya Miracle of Enzim mengatakan bahwa kanker bukanlah penyakit keturunan, melainkan lebih kepada penyakit gaya hidup yang salah, bagaimana tentang ini? Karena kalau melihat kenyataan sekarang memang banyak yang menderita kanker karena salah dalam menerapkan gaya hidup, sehingga kanker yang dalam masa dorman pada akhirnya tanpa sadar 'dibangkitkan'. Mohon penjelasannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kristoforus sudirman30 September 2014 pukul 10.04

      Secara genetik disini bukan berarti diturunkan secara heredity (keturunan) namun karena kejadian kanker itu sendiri dimulai dengan terjadinya:
      1. Sebagai hasil dari fungsi satu atau lebih gen yang menjadi abnormal.
      2. Gen normal yang mengalami kerusakan atau mutasi (perubahan fungsi)
      3. Mutasi gen karena perubahan pasangan basa pada suatu gen di dalam tubuh.
      Menurut penelitian, 80-90% pasien yang menderita kanker tidak membawa faktor yang diturunkan. Mutasi gen yang berkali-kali akan menjadi cikal bakal terjadinya kanker. Gen yang termutasi akan berproliferasi (memperbanyak dirinya) yang akhirnya menjadi kanker.
      Pada kondisi normal, sel-sel yang akan berproliferasi bila tubuh membutuhkannya seperti mengganti sel-sel tubuh yang rusak atau mengalami kematian oleh suatu proto oncogen. Namun apabila proto oncogen ini mengalami mutasi menjadi oncogen maka akan menyebabkan pertumbuhan sel yang tidak teratur dan tidak terkontrol yang kemudian akan menyebabkan terjadinya kanker.

      Hapus
  3. Abdurrahman Al Jawiy bertanya.
    1. Mengapa pernikahan di dalam keluarga dekat yang sedarah atau satu keturunan tidak boleh di lakukan....
    2. Kenapa bisa terjadi kecacatan?Abdurrahman Al Jawiy bertanya.
    1. Mengapa pernikahan di dalam keluarga dekat yang sedarah atau satu keturunan tidak boleh di lakukan....
    2. Kenapa bisa terjadi kecacatan?

    BalasHapus
  4. Abdurrahman Al jawiy mencoba menjawab MAHMUD NK

    Bagaimana cara mengetahui suatu galur murni?

    caranya, dengan menyilangkan 2 individu heterozigot//

    BalasHapus
  5. apa contoh tanaman yang dapat mengalami persilangan monohibrid??

    BalasHapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  7. -Anisa F S-
    Apakah berbedaan keadaan tanaman yang mengalami persilangan monohibrid dengan tanaman yang mengalami persilangan dihibrid.?

    BalasHapus
  8. anisa khoiriah mencoba menjawab hani'a..
    contoh tanaman yang dapat mengalami persilangan monohibrid adalah kacang ercis , jagung,tebu,jamur...

    BalasHapus
  9. @-Anisa F S-
    persilangan monohibrid: menghasilkan 1 karakter dgn 2 sifat beda
    persilangan dihibrid: menghasilkan 2 karakter yang berlainan...
    wallahu a'lam...

    BalasHapus
  10. @anisa f.s
    Persilangan monohibrid adalah persilangan antara dua individu sejenis dengan memperhatikan satu sifat beda.Persilangan dihibrid adalah persilangan dua individu sejenis dengan memperhatikan duasifat beda.sehingga hasil persilangannya masing-masing akan berbeda.

    BalasHapus
  11. apa maksud dari kata 'penurunan sifat yang sepasang tidak bergantung pada pasangan sifat yang lain' pada hukum mendel II?

    BalasHapus
  12. @mutiah..
    Hukum kedua Mendel menyatakan bahwa bila dua individu mempunyai dua pasang atau lebih sifat, maka diturunkannya sepasang sifat secara bebas, tidak bergantung pada pasangan sifat yang lain. Dengan kata lain, alel dengan gen sifat yang berbeda tidak saling memengaruhi. Hal ini menjelaskan bahwa gen yang menentukan e.g. tinggi tanaman dengan warna bunga suatu tanaman, tidak saling memengaruhi.

    BalasHapus
  13. mengapa hukum Mendel II disebut juga sebagai hukum pengelempokoan gen secara bebas?

    BalasHapus
  14. tumbuhan apakah yang dapat mengalami persilangan monohibrid dengan dominasi penuh?

    BalasHapus
  15. apa ada faktor yang membuat suatu sifat tertentu lebih dominan dari sifat yang lain?

    BalasHapus
  16. Dzaki Fikri
    XII IPA-1

    saya pernah membaca buku bahwa hukum melde I akhirannya segregasi(pemisahan) alel alel suatu gen secara bebas dari diploid ke haploid, apakah dedinisi itu sama dengan definisi yg di atas segresi(pemisahan) kedalam sel dua anak?

    BalasHapus
  17. ada cerita bahwa menikahi saudara kandung dapat mnyebabkan kecacatan pada keturunan yang ke sekian, apakah pada tumbuhan juga dapat mengalami hal serupa?

    BalasHapus
  18. [Mahmud Nur Kholis-XII IPA]
    mencoba menjawab pertanyaan Arum..
    karena dalam pengelompokan gen nya, satu gen tidak berpengaruh terhadap gen lain, atau bebas. sehingga dikatakan pengelompokkan gen secara bebas. CMIIW

    BalasHapus
  19. mengapa mendel memilih kacang kapri untuk melakukan eksperimen pembaastaran tanaman ?

    BalasHapus
  20. [Mahmud Nur Kholis-XII IPA]
    mencoba menjawab pertanyaan Irfa'..
    Karena kacang kapri berumur pendek-sehingga siklus hidup keseluruhannya mudah diamati, dan juga kacang kapri mudah diamati perbedaannya jika disilangkan.[Mahmud Nur Kholis-XII IPA]
    mencoba menjawab pertanyaan Irfa'..
    Karena kacang kapri berumur pendek-sehingga siklus hidup keseluruhannya mudah diamati, dan juga kacang kapri mudah diamati perbedaannya jika disilangkan.

    BalasHapus
  21. Dalam persilangan monohibrid dituliskan persilangan antara dua tanaman yang memiliki 'satu sifat beda'. Bagaimana maksud dari satu sifat beda?
    ~Amrah Al-Khonsaa~

    BalasHapus
  22. Wimbo Adi Nugroho[XII-IPA]20 Agustus 2011 pukul 12.35

    Mencoba menjawab pertanyaan Lina
    persilangan dengan kerabat yang cukup dekat juga umum dikenal dalam dunia hewan dan tumbuhan.Hal ini dapat menyebabkan dampak cacat atau letal (kematian)dikarenakan Akumulasi gen-gen pembawa sifat lemah dari kedua tetua pada satu individu (anak) terekspresikan karena genotipe-nya berada dalam kondisi homozigot.

    BalasHapus
  23. [Mahmud Nur Kholis-XII IPA]
    mencoba menjawab pertanyaan amroh..
    artinya adalah satu sifat saja yang menunjukkan perbadaan dari tiap individu itu. jadi jika dilakukan persilangan dengan melihat satu sifat beda saja, maka hanya satu jenis perbedaan antartanaman itu yang diamati, misal bentuk biji atau warna bunga. wallahu a'lam.

    BalasHapus
  24. Mencoba menjawab pertanyaan rizal (Al-Jawiy Boy)

    Abdurrahman Al Jawiy bertanya.
    1. Mengapa pernikahan di dalam keluarga dekat yang sedarah atau satu keturunan tidak boleh di lakukan....
    2. Kenapa bisa terjadi kecacatan?


    Hal ini dilarang dalam kaidah biologi,sosial,dan Agama. Namun dalam Kaidah biologi sifat-sifat negatif dari kedua pembawa sifat akan berkumpul menjadi satu dan dapat meningkatkan resiko cacat atau juga KEMATIAN.

    BalasHapus
  25. Abdurrahman Al- Jawiy mencoba menimpali jawaban wimbo adi///

    kenapa 2 orang yang menikah dari satu keturunan di juluki "pembawa sifat-sifat negatif"?

    BalasHapus
  26. Abdurrahman Al- Jawiy mencoba menjawab pertanyaan MAHMUD NK

    [Mahmud Nur Kholis-XII IPA]
    Jika seorang bayi lahir dari ibu penderita kanker, apakah bayi tersebut mempunyai probabilitas terkena kanker yang tinggi? Sementara kata Prof. Hiromi Sinya dalam bukunya Miracle of Enzim mengatakan bahwa kanker bukanlah penyakit keturunan, melainkan lebih kepada penyakit gaya hidup yang salah, bagaimana tentang ini? Karena kalau melihat kenyataan sekarang memang banyak yang menderita kanker karena salah dalam menerapkan gaya hidup, sehingga kanker yang dalam masa dorman pada akhirnya tanpa sadar 'dibangkitkan'. Mohon penjelasannya.

    >>>
    kanker terjadi akibat mutasi gen tertentu pada sel. penyebabnya bisa karena makanan yang tak sehat dan gaya hidup yang kurang tepat, seperti sering mengkonsumsi junkfood dll...

    bila yang bermutasi adalah sel gamet pada ibu hamil, makakanker di turunkan... tetapi, bila pada sel tubuh maka tidak di turunkan..

    BalasHapus
  27. Abdurrahman Al- Jawiy mencoba menimpali jawaban wimbo adi///

    kenapa 2 orang yang menikah dari satu keturunan di juluki "pembawa sifat-sifat negatif"?

    Wimbo Adi Nugroho Menghindar dari Timpalan..

    Karena setiap induk memiliki sifat negatif seperti membawa buta warna. sehingga 2 keturunan dari satu induk itu dapat meningkatkan resiko cacat karena masing2 keturunan membawa sifat negatif dari induk mereka.

    sekiranya begitu..

    BalasHapus
  28. Abdurrahman Al- Jawiy mencoba menimpali WIMBO ADI kembali.

    bukankah semua di ciptakan berpasang2 an..., alasannya kurang mendasar
    "Kaidah biologi sifat-sifat negatif dari kedua pembawa sifat akan berkumpul menjadi satu dan dapat meningkatkan resiko cacat atau juga KEMATIAN.. padahal bisa juga membawa sifat2 positif, tak selamanya negatif...

    BalasHapus
  29. irfan hakim
    イルファン (`_´)ゞ
    apakah kembar pragnancy mempunyai DNA yang sama??

    BalasHapus
  30. firdaus zulfikar mencoba menjawab pertanyaan irfan hakim

    apakah kembar pragnancy mempunyai DNA yang sama??

    ya,karena mereka berdua merupakan hasil keturunan identik dan mempunya induk yang sama .
    teapi DNA mereka tidak sepenuhnya sama 100 persen karena bagaimanapun juga tiap tiap individu punya perbedaan walaupun sedikit.

    BalasHapus
  31. [Fauzi Afnan-XII IPA]
    adakah hubungan antara pembawa sifat pada DNA yang mengakibatkan peristiwa eritroblastosis faetalis pada bayi yang mengakibatkan
    bayi mati ?

    BalasHapus
  32. Ada beberapa penyakit genetika,
    yang saya tnyakan adalah apa perbedaan penyakit PHENYLKETONUREA dan PHENYLTHIOCARBAMIDE serta masalah yang di timbulkan bagi tubuh ?

    BalasHapus
  33. @ Afnan
    Ada hubungan antara pembawa sifat pada DNA dengan peristiwa Eritroblastosi fetalis yaitu sebagai contoh apabila si ibu punya Rh+Rh- maka akan menderita Eritroblastosi fetalis jika anak ke-2nya itu Rh+ lagi, sebab jika anak ke-2 Rh+, si ibu yang ber Rh- akan menggumpalkan anak ke-2 sebagai bentuk antibodi si ibu.

    BalasHapus
  34. Apakah benar apabila ada anak yang mengidap Sindrom Klinefelter akan mempengaruhi kecerdasan intelektual anak tersebut?

    BalasHapus
  35. Abdurrahman Al- Jawiy mencoba menjawab
    irfa azizah

    mengapa mendel memilih kacang kapri untuk melakukan eksperimen pembaastaran tanaman ?
    okarena kacang kapri mempunyai sifat beda yang mencolok
    okarena kacang kapri memiliki generasi yang lebih banyak
    okarena kacang kapri berumur pendek sehingga tidak perlu memakan waktu yang lama

    BalasHapus