Select Menu

Random post

Animalia

Evolusi

Genetika

Pertumbuhan Tumbuhan

info

» » » » Siput Lintah

Barangkali Anda dan kebanyakan orang akan mengira bahwa hewan yang mirip lintah tapi berwarna hitam dan berantena seperti bekicot itu adalah seekor lintah yang berbahaya. Apalagi hewan ini kian banyak di masa penghujan, kita jadi jijik karena terkadang sudah berkeliaran di dalam rumah. Sebenarnya, hewan ini masih saudara dengan bekicot dan siput dalam phillum Molusca, bukan lintah ataupun pacet yang tergolong phillum Annelida. Hewan ini adalah sejenis slug/siput telanjang.

Lintah (Hirudo medicinalis) adalah invertebrata dari golongan hewan cacing gelang (Annelida) dalam kelas Hirudine yang memiliki racun anti pembeku darah atau hirudin. Lintah bersifat parasit mengisap darah inangnya, namun kini lintah digunakan untuk terapi kesehatan untuk mengisap darah kotor. Adapun siput termasuk phylum Mollusca yang berjalan dengan perutnya (Gastropoda) dan umumnya memiliki antena dengan bintik mata pada ujung antena sebagai indera penglihatan. Siput seringkali menjadi hama tanaman budi daya karena memakan daun.

Lintah umumnya hidup di daerah semak-semak tanaman di pegunungan atau perairannya, sedangkan siput telanjang bisa dijumpai di dataran rendah, baik di sekitar perairan ataupun tidak.

Mari coba kita lihat perbedaan morfologi lintah dengan siput telanjang melalui gambar berikut.



Lintah Hirudo medicinalis





Siput Telanjang Laevicaulis alte





Siput Telanjang Parmarion pupillaris




Siput Telanjang Deroceras laeve



Siput Bradybaena similaris



Photobucket

About Sultan Budi Lenggono

Budi Lenggono, S.Pd. sebagai admin blog ini adalah seorang guru Biologi di SMA Islam Terpadu (SMA IT) Nur Hidayah. Alamat di Jl. Pandawa 10 Pucangan, Kartasura, Sukoharjo. Selain itu, beliau juga seorang trainer dan hipnoterapis profesional (Certified Hypnoterapist; Master of Clinical Hypnotherapy). Web lainnya : www.sultanbudilenggono.com
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

37 comments

  1. Wimbo Adi Nugroho(XII-IPA 1) kenapa hewan yang disebut siput atau lintah yang diatas tadi akan terlihat tersiksa ketika kita tuangi garam di permukaan kulit daripada hewan2 yang disebut diatas tadi..?? tolong saya diberitahu jawaban dan penjelasanya yang lengkap.. syukron...

    BalasHapus
  2. Terima kasih atas infonya. Tadi pagi saya menemukan siput telanjang yg gambarnya sangat mirip dengan gambar "Laevicaulis alte" di atas. awalnya saya pikir itu adalah lintah. Setelah searching di google, saya menemukan webpage ini. thanks for your research(maybe) and writing. keep doing your observation and write in this page. pengetahuan dari buku saja tidak cukup. kita harus melakukan beberapa pengamatan dan percobaan untuk menemukan hal-hal baru. I'll follow this blog.
    I'm waiting for your reply.

    BalasHapus
  3. @ Mas Wimbo: wah maf blm sempat bls th yll... :D
    klo dikasih garam, ya tentu saja hewan jenis ini akan lebih banyak mengeluarkan lendir. karena garam memiliki konsentrasi yang tinggi dan memicu osmosis. selain itu, mencegah garam masuk dan larut menembus saraf yang dapat menyebabkan rasa perih.

    BalasHapus
  4. @ Sobat Rico:
    makaasih juga bisa membantu. Anda benar, sumber belajar tidak hanya buku dan guru, setiap siswa butuh eksplor mencari lebih banyak sumber belajar, bisa di alam atau di dunia maya... :D keep your spirit to learn

    BalasHapus
  5. Setelah rumah saya kebanjiran kemarin kami sering mendapati laevicaulis alte di rumah kami, sampai ke tembok kamar segala.
    Pada awalnya saya mengira itu lintah, otomatis saya panik, sebab dulu pernah trauma di gerayangi sama pacet waktu lagi camping.
    Cara ampuh saya selama ini dengan garam, tiap kali nemu makhluk ini saya ambil pake golok, trus saya taburin garam saat saya buang.
    Cara terakhir saya googling yaitu dengan mengepel lantai :
    5 sendok makan CUKA
    5 sendok makan GARAM
    1 sendok makan SODA API (cari di toko bahan kimia/toko bangunan)
    larutkan dalam satu ember kecil air

    sekarang saat membaca blog ini saya merasa lega, ternyata itu bukan lintah
    tapi tetep aja saya jijik :'(
    sampai sekarang saya sulit tidur, khawatir di rayapi makhluk itu .. Ih

    tapii, terimakasih untuk pencerahannya ..
    Salam ^__^

    BalasHapus
  6. Ih iya, aku pernah nemu. Dulu 5th yg lalu pas tinggal sama nenek, dia muncul pertama kali tuh di desa, masuk kamar juga gatau lewat mana, nenek kira itu lintah, nah biasanya lintah kena sabun kan bereaksi ini kaga, abis itu dibakar sama nenek. Jijik juga liatnya, banyaaak banget uda gitu gede gede, nah tapi kalo jalan kan ninggalin bekas lendir tuh makanya dikasi nama sama adekku "LB" lintah-bekicot. Hehe sampe sekarang aku panggil LB loh..
    Makasi infonya, sekarang ga salah paham lagi dah, tapi kasian uda dibakar :(

    BalasHapus
  7. Malam ini ane diserang laevicaulis alte di dalam kamar kos ane. Ane sempet jerit dan ketakutan ampe2 ane gak mau masuk ke kamar. Ane penasan pingin tau itu hewan sejenis ape, awalnya ane pikir itu adalah lintah. Setelah searching di google, ane menemukan webpage ini. thanks for your research(maybe) and writing. keep doing your observation and write in this page.

    BalasHapus
  8. Geli bgt liat hewan ini muncul di rumah, merinding rasanya liat hewan
    itu
    Lebih geli liat ini daripada liat cacing hiiii....

    BalasHapus
  9. Balasan
    1. Dia memakan serpihan/sampah organik. Hewan kecil yg sudah mati atau daunan herbal. Prinsipnya seperti bekicot

      Hapus
  10. Manfaatnya seperti siput yg lain. Berfungsi sbg konsumen 1 atau konsumen 2. Blm ada info ttg apakah hewan ini jg dpt diolah dan dikonsumsi oleh manusia.

    BalasHapus
  11. serem ini di kosan ane lagi banyak22nya.... sampe masuk kamar n di kamar mandi juga ada, heran juga masuk dari mana dy

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masuknya dari saluran air. .Dikamar mandi saya pernah sekali dan didapur banyak sekali karena dibelakang banyak dedaunan.. Jadi jijik bgdd 😂😂😂😂

      Hapus
  12. Buat mancing bawal 100% jos

    BalasHapus
  13. Buat mancing bawal 100% jos

    BalasHapus
  14. baru pertama kali nih lihat hewan ini, tiba2 uda ada di deket mesin cuci...hiiii....geliii banget ngelihatnya, sampe merinding semua badanku, aq jd ga bs tidur takut kalo masuk kamar...akhirnya aq kasih garam aja di sekelilingnya...eh beneran dy ga berani jalan lg, cm muter2 aja ditempat, sampe skg msh geli...hiii...

    BalasHapus
  15. Kok banyak siput ginian ya di rumah saya jadi jijik :v

    BalasHapus
  16. Ternyata yg selama ini saya takuti hanyalah seekor siput toh hehe..Alhamdulullah hati ini jd tenang dan stok garam dirumah ga cpt abis krn sering saya tebar diteras rumah supaya binatang ini ga masuk . Thanks infonya gan

    BalasHapus
  17. Selama ini dendam tanpa ilmu dong..
    Waktu naik gunung pernah diserang lintah banyak banget, jadi pas musim hujan di rumah lihat hewan ini aku pikir lintah. Balas dendam dah.. Udah berapa banyak ya yg terbunuh tanpa dosa, dan berapa stok garam emak yang terbuang sia2
    Maafkan aku siput..

    BalasHapus
  18. Pak sy mau Tanya Dan pastiin klu lintau jalannya Kaya pacet ya? Soalnya di rmh sy lg musim ujan seeing muncul did dekat taman seperti lintah tpi berantena, terus sy pernah liat pagi dia terendam air dimangkuk makan kicking teras sy pak, tapi dia mati, pak to long jelasin yah, sy uda serem banget n paranoid neh, semua lubang saluran pada sy tutup, soalnya pernah nemu masuk 2 ekor huhhhh serem, sy kasih garam biar mati. Tlg ya pak kejelasannya terimaoasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau berantena itu siput. Tidak berbahaya. Kalau mengganggu, singkirkan saja.

      Hapus
    2. Pak cara ngusirnya gmn si, aku geli bgt masuk kerumah mulu tiap hari, kira² bisa idup diair gak si pa

      Hapus
    3. Siput ini akan menjauh jika ditaburi garam. Kalau mau disingkirkan tinggal diambil saja pakai lidi atau benda apa saja untuk mengambilnya, lalu taruh di kebun. Siput ini hewan darat, jadi tidak masuk air.

      Hapus
  19. Skrg lg sering2nya nemu di wc...jijik jugasempat ketakutan dikira lintah,tp pas liat antenanya pikirku mgkin ini siput,n klw lintahkan besarnya klw abis makan,tp ngeri juga sering muncul di wc,di riram gak lama datang lg,biasa bemu smp 2,3 ekor lagi...😰

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tenang saja. Tidak berbahaya kok. Tinggal disingkirkan ke halaman belakang rumah atau dibunuh kalau mengganggu.

      Hapus
  20. Di rmhku lagi banyak siput telanjang merayap ke tembok belakang ibuku pas ke belakang ke injek lalu kakinya melendung gitu dan agak sakit………cara untuk mengobatinya gimana ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah sampai segitunya ya? Diperiksakan ke dokter saja kalau sampai infeksi/demam.

      Hapus
  21. Maaf mau tanya,,,
    Kmrn sy menemukan hewan ini di rmh sy, dn hewan ini mati didalam tempat penampungan air bersih, apakah airnya masih bisa dikonsumsi buat minum, cuci baju, cuci piring dll.
    Mohon bantuan penjelasannya

    BalasHapus
  22. Untuk konsumsi sebaiknya diganti air lain yg bersih,, sdgkan utk mencuci masih aman jika air tdk berbau

    BalasHapus
  23. Ngeri banget nih musim hujan tiba2 aja nongol.

    BalasHapus
  24. Maaf ka, mau nanya kalo lendir dari siput telanjang ini bahaya ga yah? Kaya misalnya gatel2 atau apa, mohon di jawab KA :)

    BalasHapus
  25. Itu lendir ya seperti lendir siput biasa. Tdk berbahaya. Tapi, seseorang bisa saja alergi thdnya.

    BalasHapus
  26. Siput telanjang sering banget saya temui di wc atau area yg lembab,karena saya takut sama siput nya karna saya pikir berbahaya jadi saya siram dengan air panas atau garam

    BalasHapus
  27. Jadi dapat ilmu abis baca web ini, selama ini aku kira itu lintah:(

    BalasHapus
  28. Saya mau nanya, saya juga nemu nih niatnya mau dipelihara tapi ini tuh bentuknya mirip sama yang parmarion pupillaris tapi bedanya ini mah kaya bagian gendutnya itu robek dan ada isinya kaya keras gitu:( ini saya nemu di brokoli kira kira jenisnya apa ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maap blm bisa bantu identifikasi. Barangkali pembaca lainnya bisa membantu, dipersilakan.

      Hapus